Edisi 20-03-2017
Satu Parpol Belum Serahkan LPj Banpol


YOGYAKARTA – Tujuh partai politik (parpol) di Kota Yogyakarta bakal menerima kucuran dana bantuan politik (banpol) tahun 2017.

Sebagai syarat pencairan, tiap parpol harus menyerahkan laporan pertanggunjawaban (LPj) pemakaian dana banpol tahun sebelumnya. “Batasnya akhir bulan Maret ini. Dari tujuh parpol, tinggal satu parpol yang belum menyerahkan LPj,” kata Kepala Kantor Kesatuan Bangsa (Kesbang) Kota Yogyakarta, Sukamto, kemarin. Parpol yang berhak menerima dana banpol adalah yang memiliki kursi di DPRD Kota Yogyakarta.

Namun dari total delapan parpol yang memperoleh kursi, satu parpol dipastikan tak menerima kucuran dana banpol, yaitu PPP karena masih didera persoalan dualisme kepemimpinan di pengurus pusat. Tujuh partai yang bakal mendapat kucuran adalah PDIP, Golkar, PAN, Gerindra, PKS, Nasdem, dan Partai Demokrat. Besaran banpol yang akan diterima partai politik tahun ini masih sama seperti tahun lalu.

Bantuan terbesar diterima oleh peraih kursi terbanyak, PDIP sebesar Rp266,1 juta. Sedangkan bantuan terkecil diterima Nasdem sebesar Rp27,1 juta karena hanya memperoleh satu kursi di lembaga legislatif. Sukamto berharap agar partai politik yang belum menyerahkan LPj dapat segera menyampaikannya sebelum batas waktu yang ditetapkan. Kantor Kesatuan Bangsa akan segera mencairkan bantuan jika sudah menerima hasil pemeriksaan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

ristu hanafi