Edisi 21-04-2017
Gaya Hidup Sehat Langganan Wanita Urban


MENGOLAH tubuh dan mengonsumsi makanan sehat kini dipandang sosialita dan wanita millennial bukan hanya sebuah kebutuhan, juga penunjang gaya hidup.

Mereka rela menyediakan waktu, tenaga, dan uang asalkan memiliki tubuh fit dan seksi yang mempercantik penampilan. Layaknya tren warna pada gincu atau model fashion yang selalu berubah demi memenuhi hasrat wanita menjadi cantik, gaya hidup sehat agar langsing juga ikut bermetamorfosis, termasuk program diet. Macam-macam diet ini menawarkan perubahan bentuk badan tercepat. Belakangan muncul diet ketogenik atau yang lebih populer disebut diet keto sebagai tren jenis diet baru. Diet ini diciptakan oleh Dr Gianfranco Capello, seorang profesor bedah asal Sapienza University di Roma, Italia.

Hal ini berdasarkan proses dalam tubuh bernama ketosis, yakni tubuh saat kehabisan karbohidrat, maka hati akan mengubah lemak menjadi asam lemak dan keton yang dapat digunakan sebagai energi. Di sinilah keton akan menggantikan karbohidrat sebagai sumber utama energi. Itu artinya tubuh akan menggunakan dan membakar lemak. Agar tubuh dapat melakukan ketosis, 80%-90% kalori haruslah berasal dari lemak, dan sisanya didapatkan dari kombinasi protein dan karbohidrat.

Konsumsi karbohidrat dibatasi antara 10-35 gram per harinya, kira-kira sebanyak satu buah apel, segelas susu, atau selembar roti. Makanan yang bisa dikonsumsi untuk diet keto adalah daging berlemak tinggi seperti daging sapi, hotdog, bacon , dan sebagainya. Kemudian, jenis minyak hewani dan nabati, serta kacang-kacangan. Mengonsumsi keju lemak tinggi juga disarankan untuk diet tipe ini. Pelaku diet keto juga diperbolehkan mengonsumsi buah dan sayur dalam jumlah cukup, tidak banyak. Sebab, sayur dan buah bukan menu utama diet ini.

Agar dapat mengkonsumsi makanan sehat, sekarang ini juga banyak yang menawarkan jasa katering diet. Katering diet menggunakan bahan-bahan organik. Biasanya, katering diet menyediakan makanan untuk santap siang dan malam. Setiap menu yang disusun sudah dihitung kalorinya sesuai dengan keadaan tubuh pemesan. Sebagai catatan, kandungan gizi yang terdapat dalam sayuran atau buah organik rata-rata tidak lebih tinggi dibandingkan sayuran atau buah biasa. Nah yang unggul dari produk organik adalah tidak terkontaminasi pestisida.

Pestisida, jika tertimbun dalam tubuh, dapat mengancam kesehatan. Adapun kegiatan mengolah tubuh juga terdapat jenis yang tengah digandrungi kaum millenials , salah satunya acroyoga . Sedikit berbeda dari yoga biasanya, acroyoga adalah olahraga yang menggabungkan yoga dan seni akrobat. Para pesertanya akan ditantang untuk melakukan gerakangerakan yang lebih ekstrem layaknya seorang pemain sirkus. Olahraga ini dilakukan dua atau tiga orang, masingmasing mengambil peran sebagai flyer, base , dan spotter.

Selain memperkuat otot dan membentuk tulang punggung, acroyoga ternyata juga bisa melatih keseimbangan, keberanian, kesabaran, serta kepercayaan diri jika melakukannya dengan pasangan masing-masing. Ada juga latihan CrossFit yang merupakan rahasia tubuh sempurna aktor dan aktris Hollywood. CrossFit adalah pola latihan yang menggabungkan olahraga kardiovaskular (lari, aerobik) dengan angkat beban ke dalam format berupa circuit training.

Dalam satu sesi, Anda bisa saja akan melakukan lari sprint selama beberapa waktu, kemudian dilanjutkan dengan melakukan set push up, pull up, sit up , dan lainnya. Olahraga ini bisa dilakukan siapa pun, dari orang yang tidak pernah olahraga sampai atlet profesional, tanpa ada perbedaan metode latihan. Namun, Anda harus berhati-hati karena olahraga ini memiliki risiko cedera yang lebih tinggi. Hal ini karena kecenderungan peserta yang tidak melakukan gerakan dengan tepat dan terlalu fokus mengejar ketinggalan waktu, bisa menyebabkan kerusakan otot.

Rendra hanggara