Edisi 27-03-2017
Semua Pihak Diajak Dukung UNBK


PALEMBANG- Semua pihak diajak untuk mendukung pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) 2017 yang digelar April mendatang.

Bahkan parahacker pun diimbau untuk tidak mengganggu, ka - rena UNBK dinilai bukan subjek yang tepat untuk di-hack. Hal itu disampaikan Dinas Pendidikan Sumsel menjawab kekhawatiran sejumlah pihak akan gangguan selama UNBK terutama saat unduh soal dan mengirim jawaban. Untuk dike - tahui UNBK segera digelar, pada 3-6 April untuk SMK dan 10-13 April untuk SMA dan MA.

“Ke - pada pihak-pihak yang mem pu - nyai niat untuk melakukan halhal yang tidak diinginkan saat pelaksanaan UNBK agar tidak melakukan hal tersebut. UNBK bukanlah subjek yang tepat untuk di-hack. Kalaupun ada yang ingin melakukannya kita minta janganlah. Dan untuk sis - wa jangan percaya jika ada taw a - ran kunci jawaban baik melalui internet maupun lain seba gai nya," ujar Kepala Dinas Pen di dikan (Kadisdik) SumselWi do do.

Menurut Widodo, sebetulnya kemungkinan unduh soal me - ngalami kendala dan di-hack oleh oknum jahil sangat kecil se kali. Untuk itu, Disdik ber pen dapat proses unduh dan kirim soal UNBK akan aman dari gang guan apapun. "Pelaksanaan UN BK ini, proses online hanya pada saat unduh dan kirim jawaban saja, selebihnya dilakukan secara offline.

Jadi peluang hack bisa terjadi hanya pada dua proses tersebut," ungkapnya kemarin. Widodo sangat yakin kedua proses tersebut yakni unduh soal maupun kirim jawaban melalui sistem online tidak akan ada gangguan karena pihak IT dari pe merintahan pusat yang me - nangani pelaksanaan UNBK merupakan orang terpilih dan profesional dalam bidangnya.

"Diharapkan pihak sekolah dan sis wajangancemas. Janganper ca ya kepada isu-isu yang belum jelas kebenarannya," kataWi do do. Sementara itu, salah satu sis - wa kelas XII jurusan IPS SMA negeri 17 Palembang Maharani Devi mengatakan, rasa was-was te - tap ada menjelang pelak sanaan UNBK 2017.

Namun, tak ada pilihan lain yang bisa dilakukannya selain belajar dan mem per siapkan diri de - ngan sebaik-baik nya. "Khawatir ka - launantipaski rimjawabantahu-ta - hu ada yang jahil merubah jawaban. Walau pun bukan penentu lagi, tetapi nilai UN tetap dibutuhkan untukmasukperguruantinggi teru - tamakedinasan," ucapnya.

karerek