Edisi 20-03-2017
Warga Empat Desa Bersihkan Sungai Pusur


KLATEN –Ratusan warga dari empat desa di Kecamatan Po - lan harjo ramai-ramai membersihkan Sungai Pusur, kemarin. Desa tersebut berada di tepi aliran Sungai Pusur.

Yakni Desa Karanglo, Keprabon, Polan, dan Wangen. Ketua RT 05 RW 03 Desa Ke - prabon Sriyanto mengatakan, se jatinya bersih-bersih Sungai Pus ur merupakan kegiatan ru - tin bulanan. Hanya saja, jumlah pe serta bertambah banyak ka - re na bertepatan dengan jelang peringatan Hari Air Sedunia yang jatuh pada 22 Maret.

“Kegiatan kami mulai pukul 07.00. Di RT saya saja ada pu luh - an warga yang ikut berpartisipasi. Kalau kegiatan serentak di em pat desa ya mungkin ada ra - tus an orang. Tujuannya membersihkan Sungai Pusur dari sampah dan menjaga kelestariannya,” kata Sriyanto, kemarin. Sungai Pusur membentang dari Kabupaten Boyolali hingga Kecamatan Juwiring Kab u pa - ten Klaten.

Di wilayah Klaten, Ka li Pusur melintas di empat ke - camatan, Tulung, Polanharjo, Del anggu, dan Juwiring. Warga sekitar berkomitmen menjaga kelestarian ekosistem sungai. Terlebih lagi Sungai Pusur di Kecamatan Polanharjo telah dikembangkan menjadi destinasi wisata berupa susur sungai atau river tubing. Sriyanto mengakui, meski su - dah dikelola untuk wisata na - mun masih ada saja warga yang nekat membuang sampah ru - mah tangga ke sungai.

Selain ge - rakan bersih-bersih di sepanjang aliran sungai, pemerintah se - tem pat mengimbau warga un tuk me nabung sampah di ru mah dan tidak membuangnya ke sungai. Menabung sampah yang dimaksud adalah membu ang sampah di tempat sampah dan menunggu jadwal pengambilan. “Desa su dah punya bank sam pah dan tem pat pembuang an sampah (TPS). Jadi sampah ting gal di bu - ang saja di tempatnya di rumah masing-masing. Nan ti ada petugas keliling yang me ngambili sam pah,” kata Sri yanto.

Nantinya sampah yang ma - sih dapat didaur ulang atau di ju - al akan dikelola oleh Bank Sam - pah Sekar Keprabon. Se dang - kan sampah yang tidak dapat didaur ulang dibuang ke TPS. Pengurus Bagian Pemasaran Bank Sampah Sekar Keprabon Muhammad Bardan menga ta - kan, dalam rangka edukasi warga tentang pengelolaan sampah pihaknya telah membagikan kan tong sampah ke empat RT. Tiap kepala keluarga (KK) me - ne rima tiga kantong untuk sam pah layak buang, layak jual, dan layak kreasi. “Terus kami so - sialisasikan dan dampingi un - tuk belajar memilah sampah,” kata Sriyanto.

endah budi karyati