Edisi 11-01-2017
E-Tilang di Palembang Belum Jalan


PALEMBANG- Se jakpertengah an De sember 2016 lalu, Polri sudah memberlakukan penindak an terhadap pe langgar lalu lin tas me lalui sis tem buk ti Tindakan Langsung (Tilang) secara elek tronik atau ETilang.

Hanya saja, kebi jakan tersebut sam pai saat ini belum dite rapkan di Sum sel khususnya Kota Pa - lem bang. Hal tersebut dikarenakan pihak Bank yang bekerjasama da lam hal ini Bank Rakyat Indone - sia (BRI), masih me nunggu kesiap - an jaringan ko neksi untuk pelak sa - naan E-Ti lang tersebut. Kapolresta Palembang, Kom - bes Pol Wahyu Bintono Hari Ba - wo no mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum dapat me mas ti - kan kapan E-Tilang ini akan dite - rap kan di Palembang.

“Kita belum tahu kapan, akan tetapi da ri sisi kita sendiri se pe - nuhnya sudah siap begitu juga ke - jak saan dan pengadil an sudah siap.Na mun dari pihak bank sen - diri yang be lum siap,” ungkap Wah - yu ke pada KO RAN SIN DO PA - LEMBANG, kemarin. Menurutnya, sampai saat ini pihaknya masih menunggu ke - siap an dari BRI yang telah ditun - juk untuk bekerjasama dalam pe nerapan E-Tilang ini secara nasional.

“Kita terus konfirmasi na - mun hingga saat ini memang belum bisa. Setelah nantinya ada koordinasi kesiapan itu, tentu akan sesegera mungkin kita te - rapkan,” terangnya. Dilanjutkan Wahyu, sejak di - tandatanganinya nota kesepa - haman atau MoU E-Tilang pada 15 Desember 2016 lalu, sistem ini sudah dijalankan oleh jajaran Polda Metro Jaya. “Kita juga berharap ini segera diterapkan karena ini sangat membantu dan mempermudah bagi pelanggar lalu lintas. Saat ini masih menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan,” jelasnya.

Diketahui, diberlakukanya E-Tilang ini tak lain untuk mem - percepat, memudahkan, sekaligus memangkas birokrasi seba - gai bentuk pelayanan prima di bidang penegakan hukum. Dengan E-Tilang ini, pelang - gar lebih mudah jika ingin mem - proses denda tilang karena bisa dilakukan dengan cara transfer ke bank swasta tanpa harus me - lalui proses sidang. “E-Tilang ini digagas untuk me minimalisir interaksi petu - gas dengan masyarakat, sehing - ga memperkecil celah adanya pungli,” tuturnya.

Sementara itu, Bintara Urus - an (Baur) Tilang Polresta Palem - bang, Aiptu Supriyadi mengata - kan, sejauh ini jumlah pelang - gar an terbanyak didominasi para pengendara sepeda motor, baik yang tak memiliki surat me - nyurat maupun kelengkapan. “Selama Januari 2017, ratarata pelanggaran itu karena tak mematuhi tata tertib lalu lintas se perti marka jalan. Yang men - do minasi masih kendaraan roda dua,” timpalnya.

Adi haryanto