Edisi 20-03-2017
Warga Gunung Buthak Sudah Bisa Kembali ke Rumah


GUNUNGKIDUL –Puluhan ke - pala keluarga (KK) Dusun Jen - tir, Desa Sambirejo, Ke ca matan Ngawen, Gunungkidul kini bisa hidup tenang, sehingga mau kembali ke tempat ting galnya.

Ini lantaran batuan di atas bukit Gunung Buthak yang diketahui labil berhasil dilongsorkan tim Badan Penang gu langan Bencana Daerah (BPBD), TNI, Tagana, SAR, dan PMI Gunungkidul ak - hir pekan lalu. Bukit sebelumnya me ne - was kan dua warga yaitu Minto Mi harjo, 80, dan istrinya Tu gi - yem, 75, karena ambrol akibat di picu aktivitas penambangan.

Ketakutan pun menghantui warga karena masih ada batuan yang labil dan rawan longsor. Upaya melongsorkan batu tersebut segera dilakukan me - ngi ngat bahayanya terhadap puluhan warga yang berada tepat di bawah bukit tersebut. Ke pala BPBD Pelaksana Gu - nung kidul Budhi Hardjo me - ngatakan, pihaknya memang ber usaha menganalisa dampak bila batuan besar itu diturunkan.

Setelah dianalisa, ada be be - rapa kemungkinan di an ta ra - nya mengenai rumah warga. Untuk meminimalkan dam pak pun dilakukan dengan meng gunakan pembatas meng gunakan bambu. Setelah upaya menurunkan batu yang melibatkan 150 relawan, ak hir - nya Sabtu (18/3) petang, batuan “longsor”. Syukurnya, tidak me ngenai rumah warga. “Ope ra si penurunan berhasil dan ber jalan dengan sukses. Tidak ada kerusakan yang ditimbul kan dari evakuasi ini,” ungkapnya kepada wartawan akhir pe kan lalu.

Pada proses pelongsoran ba tuan, 70 relawan bertugas di atas bukit untuk pengeprasan dan pelongsoran, 55 personil berjaga di bawah, dan 25 orang lainnya bertugas di pos pengungsian di Balai Dusun Jentir. “Dua batuan besar yang kami kepras dan meluncur ke bawah. Batuan pertama sekitar pukul 14.00 WIB dan pecah jadi dua, kemudian terakhir pukul 17.30 WIB berhasil turun dan semua aman,” ungkapnya.

Budhi mengutarakan, saat ini masih ada sisa batuan di sisi atas bukit. Akan tetapi dari ana - lisa yang dilakukan, batuan ter - se but tidak membahayakan per mukiman warga. Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi mengapresiasi kinerja para relawan yang me ngedepankan kerja tim, s e - hingga proses pelongsoran batu berjalan lancar. Bahkan tidak ada kerugian material permu - kim an warga.

Awalnya pemkab ju ga waswas terhadap salah satu rumah warga yang akan terkena ma terial longsor. “Ini kerja tim yang luar biasa dan kami me - nyampaikan ucapan terima ka - sih atas kinerja ratusan relawan yang berjibaku memberikan ra - sa aman puluhan warga Dusun Jentir ini,” ucap Immawan. Dia juga berharap warga dapat beraktivitas dengan tenang tanpa dibayangi adanya longsor susulan. “Warga yang berada di posko bisa kembali ke rumah masing-masing, karena ini su dah dinyatakan aman,” tandasnya.

suharjono