Edisi 27-03-2017
Eldin Buka Turnamen Futsal Nusantara


MEDAN – Wali Kota Medan Dzulmi Eldin membuka secara resmi turnamen Pra Liga Futsal Nusantara U-18 Kota Medan di GOR Mini Dispora Sumut, Jalan Wiliam Iskandar, Minggu (26/3). Turnamen futsal yang memperebutkan Piala Wali Kota Medan ini berlangsung mulai dari 26 Maret hingga 9 April 2017.

Dzulmi Eldin sangat mengapresiasi digelarnya turnamen tersebut. Sebab kegiatan ini merupakan salah satu cara membina generasi muda melalui kegiatan olahraga. Diketahui, olahraga tidak hanya akan menghasilkan tubuh yang sehat dan kuat, tapi menguatkan mental dan mengajarkan semangat sportivitas. ”Saya mengucapkan terima kasih sekaligus memberikan apresiasi kepada Asosiasi Futsal Kota Medan yangtelahmenyelenggarakanturnamen ini untuk para generasi muda KotaMedan,” ungkapEldin.

Eldin juga tidak lupa mengingatkan kepada para peserta turnamen agar mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat dan tetap menjunjung tinggi sportivitas. Karena kalah atau menang adalah hal biasa. ”Tapi, jangan biasakan selalu kalah. Kalaupun kalah haruslah kalah dengan bangga karena telah menunjukkan usaha maksimal terlebih dahulu. Sedangkan kemenangan itu adalah bonus dari kerja keras individu dan kerja keras tim,” katanya.

Orang nomor satu di Pemko Medan itu juga mengingatkan kepada peserta agar selalu kompak dalam membangun generasi muda yang berprestasi. Jangan sampai terpecah belah hanya demi gengsi kemenangan semata. ”Ketikaadik-adikmenjadipemenang, jangan lantas menjadi jumawa, tetapi sebaliknya berusahalah lebih keras lagi untuk mencapai prestasi yang jauh lebih baik di level lebih tinggi,” ujarnya.

Eldin berpesan kepada para generasi muda agar teruslah belajar dan melakukan kebiasaan baik dari sejak dini. Jauhi narkoba dan perilaku yang mempermalukan diri sendiri, keluarga, dan bangsa demi masa depan lebih cerah. ”Kita tidak selalu bisa membangun masa depan untuk para pemuda, tapi kita bisa mempersiapkan para pemuda untuk membangun masa depan mereka. Jadi, jangansia-siakanmasa muda dengan melakukan hal-hal yangtidakbermanfaat,” katanya.

Sementara Ketua Panitia Turnamen PraLiga Futsal Nusantara U-18, Zulham Siregar dalam laporan mengatakan, turnamen ini diselenggarakan untuk memberikan pembinaan kepada generasi muda sekaligus memasyarakatkan olahraga futsal. Dijelaskannya, animo masyarakat terhadap olahraga futsal ini di Kota Medan besar. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya sekolah yang menjadikan futsalsebagaisalahsatukegiatan ekstrakulikuler andalannya.

”Karena banyaknya penggemar futsal mulai dari tingkat anak-anak hingga dewasa, maka Asosiasi Futsal Kota Medan bekerja sama dengan Pemerintah Kota Medan menyelenggarakan turnamen ini secara berkelanjutan,” katanya. Turnamen ini diikuti 40 tim dari tingkat SD dan SMP se-Kota Medanplus12klubU-18.

Pertandingan tingkat SD dan SMP menggunakan sistem gugur. Sedangkan pertandingan tingkat U-18 menggunakan sistem turnamen. Melaluikegiataninidiharapkan akan tumbuh bibit-bibit atlet baru yang tidakhanyamampumengharumkanKotaMedan, tapi juga mampu mengharumkan nama bangsa, baik di tingkat nasional maupun internasional.

reza shahab