Edisi 20-03-2017
Apapun Yang Dihadapi, Mengadulah Kepada Allah SWT


PALEMBANG - Ribuan umat muslim menghadiri haul kelima ulama besar Palembang, KH M Zen Syukri yang dipusatkan di Masjid Nurul Hidayat, Jalan Letnan Jaimas, kemarin.

Dari pantauan di lokasi kegiatan, tak hanya di dalam Masjid Nurul Hidayat yang berlantai dua disesaki jamaah, ha - laman masjid dan jalan di depan masjid yang dipasang tenda juga terlihat ramai. Turut hadir Sekretaris FPI Sumsel Habib Mahdi Muhammad Syahab serta Pim pinan Pondok Pesantren As Syafii - yah KH Abdul Rasyid Abdullah Syafi’i. Semua hadirin mengikuti pembacaan tahlil dan doa dalam peringatan yang mengambil tema “Berbahagialah Insan yang Hidupnya Mulia Setelah Berpu - langpun Tetap Dicinta” tersebut.

Dalam kesempatan itu, putri sulung KH M Zen Syukri, Izzah Zen Syukri mem - bacakan manakib atau biografi ayahan - danya. Sedikit mengenang sang ayah, Izzah menceritakan, almar hum meru - pakan sosok yang pantang menyerah. Semua ujian yang dihadapi, baik besar maupun kecil dianggapnya suatu bumbu kehidupan. “Abah mengajarkan untuk terus berjuang dengan semangat, jangan ce - ngeng, tidak bermental tempe. Apa yang kita hadapi, mengadulah kepada Allah,” terangnya.

Izzah pun mengungkapkan, KH M Zen Syukri sangat peduli terhadap ge - nerasi penerus bangsa. Menurutnya, KH M Zen Syukri selalu mencoba memupuk generasi muda dengan menularkan se - ma ngat dan menjalankan sunah-sunah Rasul dan Allah sehingga ke depan gene - rasi muda bisa menjadi generasi yang hebat. “Abah selalu menularkan hal ter - sebut kepada generasi muda,” tuturnya. Itu sebabnya, kata dia, pada per ingat - an haul ini banyak juga pemuda yang ha - dir.

Tujuannya agar generasi mu da ini tertular akan semangat KH M Zen Syukri. Terkait kemajuan teknologi se karang ini, Izzah menerangkan, se mes tinya tekno - logi ini bisa menambah ma sya rakat untuk semakin mendekatkan diri dengan Allah SWT. Menurutnya, ma syarakat jangan mau dijajah dengan teknologi. “Pegang smartphone kan bisa untuk membaca Alquran. Bisa digunakan untuk mencari ilmu-ilmu yang mendekatkan diri ter ha dap Allah.

Media sosial di man faatkan untuk men de kat kan diri kepada Allah,” kata dia. Asisten I Setda Kota Palem - bang, Sulaiman Amin menya ta - kan, haul tokoh agama Kota Palembang ini patut menjadi momen mengenang kebaikan, perjuangan, serta dakwah yang telah dilakukan oleh KH M Zen Syukri. “Al-Mukarrom KH M Zen Syukri merupakan panutan kita, khususnya anak-anak mu - da,” ucapnya.

yulia savitri