Edisi 27-03-2017
Pramuka Sergai Dapat Prioritas


SERDANGBEDAGAI- Gerakan pramuka sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran untuk membentuk generasi muda yang berkarakter cerdas dan mandiri.

Oleh karena itu, Bupati Serdangbedagai (Sergai) Soekirman menginstruksikan agar gerakan pramuka di wilayahnya selalu mendapat prioritas. “Untuk gerakan pramuka, Pemkab Sergai akan terus memberikan dukungan,” ujar Soekirman selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Bupati Darma Wijaya ketika membuka Lomba Tingkat III se-Sergai di objek wisata Pantai Cemara Kembar, Desa Nagalawan, Kecamatan Perbaungan, akhir pekan kemarin.

Soekirman mengapresiasi kegiatan Lomba Tingkat III yang mengusung tema Cerdas, Mandiri, Prestasi dan Persaudaraan. Kegiatan ini diharapkan sebagai upaya pembekalan pengetahuan dan keterampilan potensialkepada generasimuda. “Lomba ini tak sekadar merebut juara dan berprestasi, namun hal mendasar dalam kegiatan di alam terbuka ini adalah bisa sportivitas dalam berkompetisi, juga memberi pengalaman untuk menjalin persaudaraan,” katanya.

Sementara Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Sergai Joni Walker Manik yang juga Kepala Dinas Pendidikan Sergai menyebutkan, pramuka selaras dengan upaya pemerintah meningkatkan mutu pendidikan, terutama yang terkait dengan penghayatan dan pengamalan untuk membentuk moral melalui Dasa Darma dan Trisatya. Joni berharap kegiatan ini semakin mempererat silaturahmi, persatuan dan persaudaraan.

Seluruh peserta juga diharapkan bisa mengaplikasikan pengalaman yang diperoleh dalam kehidupan seharihari. K etua Dewan Kerja Cabang (DKC) Indra Gunawan mengatakan, perkemahan ini diikuti 500 pramuka pengalang dari kwartir ranting (kwaran) se- Sergai. Masing-masing kwaran mengutus dua gudep.

“Dari 17 kecamatan, hanya Kotarih, Silinda dan Serbajadi yang tidak ikut,” katanya. Selama kegiatan berlangsung hingga 28 Maret 2017, akan digelar berbagai perlombaan keterampilan, seperti, lomba tata upacara, penaksir, baris berbaris, tali temali, cerdas cermat, perkemahan, sandi, pionering hingga tarian daerah, api unggun, mendayung dan nonton bareng film pendidikan.

erdian wirajaya