Edisi 11-01-2017
Ruang Kasek-Guru Jadi Ruang Kelas


MUARAENIM-Para guru dan kepala sekolah (Kasek) SD Negeri 5 Tanjung Agung di Desa Muara Emil Kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muaraenim berharap bangunan di sekolah mereka dapat segera diperbaiki pemerintah.

Pasalnya saat ini bangunan ruang kelas belajar yang ada di sekolah tersebut sudah mengalami keru - sakan bahkan terkategori parah. Kerusakan bukan hanya pada bagian dinding bangunan, na - mun juga termasuk atap teruta - ma bagian plafon. Kepala SDN 5 Tanjung Agung Riawati mengatakan, kondisi se - ko lah tersebut memang sudah sangat layak dilakukan perbaikan bahkan perbaikan total.Akibat kerusakan yang terjadi ada bebe - rapa ruang yang tidak bisa difung - sikan, karena khawatir dengan kondisi bangunan tersebut.


“Ada ruangan yang sudah terkategori parah dan kita sangat khawatir,” ujarnya. Karena minimnya fasilitas, pihaknya terpaksa mengguna - kan kantor kepala sekolah dan guru sebagai ruang kelas belajar (RKB). Sementara untuk kantor mereka menggunakan ruang per - pustakaan. “Kita sangat berharap agar segera dilakukan perbaikan agar kegiatan belajar mengajar men jadi efektif dan kita tidak was-was,”jelasnya. Sementara itu, Erna, guru SDN 5 Tanjung Agung mengata - kan, bangunan sekolah tersebut usianya sudah puluhan tahun dan belum mendapatkan perbaikan.

Kondisi yang ada sekarang ini menurutnya jelas sangat tidak nyaman dan membuat was-was saat kegiatan belajar mengajar. Belum lagi menurutnya,mereka harus ekstra melakukan peng - awas an kepada peserta didik saat istirahat,agartidakbermain-main di dekat bangunan yang rusak. Kepala Desa Muara Emil Ha - zai rin membenarkan jika kondisi bangunan sekolah dasar di desa yang dipimpinnya sudah rusak parah. Bahkan menurutnya para orang tua peserta didik sudah berulang kali mengeluhkan kon - disi tersebut,karena khawatir anak-anak mereka terjadi sesuatu yang tidak diinginkan saat berada di sekolah.

“Usia bangunan itu su - dah pu luhan tahun dan memang sudah sangat layak direhab kem - bali,” jelasnya. Menurutnya, pihaknya sudah ber ulang kali mengusulkan kepa - da pihak terkait, baik secara lisan maupun tertulis melalui propos - an permohonan untuk perbaikan sekolah. Hanya saja sampai saat ini belum ada tindak lanjut.

Irhamudin s parmato