Edisi 20-03-2017
Humbahas Sukses Sebagai Tuan Rumah Pembukaan PRSU


DOLOKSANGGUL – Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) sukses menjadi tuan rumah pembukaan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke-46.

Beragam pagelaran budaya dan pemaparan sejarah lewat karya seni opera dipentaskan dalam acara pembukaan , Jumat (17/3) malam lalu. Sejumlah penampilan putra- putri Humbahas, baik dari komunitas seni dan sekolah yang ada di Humbahas, menjadi salah satu daya tarik dalam pembukaan kegiatan tahunan Sumut itu.

Mulai dari totor pangurason atau tarian pembuka acara, tarian lintas etnis Sumut, penampilan seruling Sang Guru Martogi Sitohang, dan penampilan opera sejarah perjuangan yang disutradarai budayawan Batak, Thompson HS, berhasil memukau ribuan pengunjung PRSU. Kepala Dinas Pariwisata Humbahas, Hotmaida Dina Uli Butarbutar mengatakan, keberadaan Humbahas sebagai tuan rumah PRSU menjadi peluang memperkenalkan kekayaan daerah tersebut.

Khususnya dari aspek budaya dan sejarah dari pariwisata kepada publik lebih luas. “Kami me-lakukan pengenalan kekayaan daerah Humbahas. Secara khusus dari aspek budaya dan sejarah perjuangan Raja Sisingamangaraja XII yang merupakan pahlawan nasional. Kami berharap kesempatan ini menjadi media untuk masyarakat luas mengenal Humbahas lebih dalam,” ujarnya kepada KORAN SINDO MEDAN , Minggu (19/3).

Sebelumnya di sela-sela pembukaan PRSU, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, mengatakan, PRSU berkontribusi untuk meningkatkan perekonomian daerah sekaligus membuka peluang usaha bagi masyarakat, perajin dan pedagang kaki lima. Melalui PRSU, pengunjung akan memperoleh informasi tentang produk serta pengembangan seni dan budaya di Sumut.

Dosmar menambahkan, banyak kerajinan dan budaya lokal yang mampu dikembangkan serta mampu menarik antusias pengunjung dari dalam maupun luar negeri untuk masuk ke Sumut. Melalui pertunjukan seni budaya pada pembukaan PRSU, dia berharap Kabupaten Humbahas dikenal dan dikunjungi wisatawan lokal serta mancanegara.

Selain itu, Humbahas yang merupakan salah satu daerah di kawasan Danau Toba akan memberikan ruang informasi tentang potensi Humbahas yang perlu digali dan dikembangkan khususnya di bidang pariwisata dan pertanian.

baringin lumban gaol