Edisi 20-03-2017
Arsip Yogyakarta Realisasikan Tiga Inovasi Layanan


YOGYAKARTA – Dinas Per - pus takaan dan Arsip Kota Yog - ya karta merealisasikan tiga ino vasi sejak awal tahun dan ber harap agar warga dapat me - manfaatkan layanan tersebut.

“Ada tiga inovasi layanan di bidang kearsipan yang sudah dimulai sejak awal tahun. Kami terus melakukan sosialisasi me ngenai layanan ini, salah sa - tunya melalui kelurahan,” kata Ke tua Tim Inovasi Layanan Ke - ar sipan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Yogyakarta Nur sigit Edi Putranta di Yog ya - karta, Sabtu (18/3). Ketiga inovasi layanan dari bidang kearsipan yang baru sa - ja diluncurkan adalah Rosita atau Restorasi Arsip Kita, Ars ita atau “Archive Recovery Stra - te gy Team”, dan layanan ketiga adalah Amarta atau Arsip Ter - ja ga Milik Keluarga Kita.

Layanan Rosita ditujukan untuk merestorasi atau memperbaiki arsip penting yang me ngalami kerusakan dan la - yanan diberikan tanpa di pu - ngut biaya. Sedangkan layanan Arsita ditujukan untuk memberikan pembelajaran mengenai cara menyelamatkan arsip dalam berbagai keadaan khu - sus nya jika terjadi bencana. Sementara layanan Amarta ditujukan untuk memberikan wa wasan kepada masyarakat cara melindungi arsip penting milik keluarga karena sebagian besar arsip milik keluarga ma - sih berbasis kertas.

“Arsip da - lam bentuk kertas membutuh - kan perhatian lebih agar tidak ru sak sehingga informasi yang ada dapat terpelihara dengan baik. Arsip kertas semakin la - ma akan semakin rusak karena termakan usia,” kata Amarta. Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perpus ta - ka an dan Kearsipan Kota Yog - yakarta Wahyu Hendratmoko mengatakan, lembaga yang dipimpinnya memiliki tanggung jawab untuk mening kat - kan kesadaran masyarakat me - melihara arsip yang dimiliki.

“Kami ingin membantu ma - sya rakat untuk memberikan perlindungan fisik terhadap arsip vital mereka. Sehingga hak-hak warga terkait legal formal dan keabsahan arsip se - hingga senantiasa terjaga de - ngan baik,” kata Wahyu.

nuriwan/ Ant