Edisi 20-03-2017
JR Wajibkan Setiap Kecamatan Punya Event Pariwisata


SIMALUNGUN – Bupati Simalungun JR Saragih ingin setiap kecamatan mampu menggali potensi pariwisata, kesenian, dan budaya yang dapat dijadikan sebagai ajang tahunan untuk mendukung program pengembangan Danau Toba sebagai destinasi pariwisata nasional.

“Nantinya setiap kecamatan harus melaksanakan event pariwisata atau kesenian dan budaya yang bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang ke Kabupaten Simalungun. Karena itu, pemerintah kecamatan harus berinovasi untukmenggalipotensidaerahnya,” ujar JR kepada KORAN SINDO MEDAN di Pamatang Raya, Minggu (19/3).

Menurut JR, terdapat beberapa kecamatan yang memiliki potensi wisata alam yang dapat dikembangkan lebih maksimal. Beberapa kecamatan lain juga memiliki potensi agrowisata dan wisata kuliner. “Setiap tahun Kabupaten Simalungun juga menggelar pesta budaya Rondang Bittang dan seluruh kecamatan mampu menampilkan potensi daerahnya masing-masing untuk ditampilkan dalam pesta tersebut,” kata dia.

Tahun ini pesta Rondang Bittang akan dikemas menjadi agenda pariwisata skala nasional sehingga diharapkan bisa menarik kunjungan wisatawan ke Kabupaten Simalungun. Kepala Dinas Pariwisata Pemkab Simalungun Pahala R Sinaga mengatakan, pihaknya sedang menjajaki kerja sama dengan Kementerian Pariwisata untuk menggelar Pesta Rondang Bittang menjadi ajang pariwisata skala nasional. “Diharapkan bisa menjadi agenda tahunan mendukung Danau Toba sebagai salah satu destinasi pariwisata nasional,” kata Pahala.

ricky hutapea