Edisi 20-03-2017
Hadirkan Mang Tomim


PALEMBANG– Langkah Pe me - rintah Kota (Pemkot) Pa lembang untuk meng hidupkan pedestrian di Jalan Jen deral Sudirman de - ngan kon sep trotoar wisata, disambut baik kalangan ko munitasdanseniman.

Para seniman dan kom u nitas ini siap tampil perdana pada Rabu (22/3) mendatang mulai pukul 19.00WIB. Lokasiacaranya terpusat di pedestrian dekat simpang Jalan Let nan Sayuti, tepatnya depan showroomThamrin Motor Sudirman. Mereka terdiri dari Ko mu - nitas Palembang Mime Club (pantomim), Sanggar Sas tra Mataya (tari kreasi), SSN Break Dance, Kampung Dongeng Sri - wijaya, dan Palembang Finger Syle.

Lalu ada pula penampilan Sriwijaya Cosplay, dendang melayu, angklung Kas dkk, biola, puisi, hingga orkes live. “Mang Tomim (Main bareNG panTOMIM) Show akan kita ton - jolkan sebagai pembuka program pedestrian wisata Sudirma”. “Tanggal itu juga bertepatan dengan Hari Pantomim Sedunia dan Maret sebagai Bulan Seni,” ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kota Palembang, Isnaini Madani, kemarin.

Dijelaskannya, kon sep - pedes trian wisata Sudirman merupakan konsep wisata yang menjadikan trotoar menjadi are a wisata sekaligus atraksi seni. Pihaknya berkeinginan, konsep ini bisa menyerupai Jalan Orchad di Singapura, di mana pedestriannya ada aktivitas menarik dengan tetap menjaga ketertiban. “Kita akan jadi kan tro - toar Sudirman seperti pang - gung di setiap akhir pekan, yak - ni pada Sabtu-Minggu malam.

Sebab, kita yakin malam adalah waktu yang bebas bagi pekerja kantoran dan lalu lintas juga cukup sepi. Dengan begitu, te - man-teman seniman dan ko - mu nitas mendapatkan ruang berekspresi,” cetus dia. Isnaini berharap, ko n - sep pedestrian wisata ini dapat menjadi daya tarik wisata baru di tengah kota. Hal ini di pas - tikannya juga akan berdampak ekonomis di kawasan tersebut, ia bahkan tak menampik jika nantinya akan ramai pedagang kaki lima (PKL).

“Soal ketertiban PKL tentu sudah kita pertimbangkan, mengingat sudah dipersiapkan pasukan Satpol PP Wisata, tentu akan kita berdayakan un - tuk mengatur ketertibannya di kawasan wisata seperti pe - destrian Sudirman itu,”terang dia. Sementara itu terpisah, Kepala Dinas Perhubungan (Dis hub) Kota Palembang Kur - niawan mengatakan, kendati belum berkoordinasi secara lang sung dengan pihak Dis - budpar, pihaknya menyatakan siap memfasilitasi ketertiban lalu lintas dan parkir di lokasi kegiatan.

“Ya, kita tentu saling dukung program yang dilaksa - nakan, termasuk penataan parkir di kawasan itu,” katanya. Sementara itu, Koordinator Komunitas Sobatliterasi Ja la - nan Hardi Bubut menga takan, anak muda Palembang ber harap trotoar wisata bisa terus menjadi ruang berekspresi, seperti di Jakarta, Bandung, atau Yogyakarta.

Tapi nantinya kawasan itu bukan hanya sekadar jadi tempat berfoto, tapi juga ada hiburan menarik. “Kalau bisa juga ada wisata kulinernya dan bisa membeli cendera mata khas Palembang. Jadi, wisatawan luar bisa men - dapatkan banyak di satu lokasi,” imbuh dia. Di Palembang sendiri, lan - jut nya, banyak anak muda yang terlibat dalam komunitas. Pe - merintah bisa bersinergi dengan mereka untuk mengisi tro - toar itu ketika nantinya sudah diresmikan.

yulia savitri