Edisi 21-01-2017
Bina Karakter Peserta Didik Lewat Pramuka


YOGYAKARTA – Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Islam negeri (UIN) Sunan Kalijaga menggelar Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD).

Kegiatan kerja sama dengan Kwartir Cabang Kota Yogyakarta ini bertujuan untuk melakukan pembinaan karakter bagi peserta didik melalui Gerakan Pramuka. ”Kegiatan ini juga sejalan dengan program revitalisasi Gerakan Pramuka Nasional dengan fokus pemberdayaan gugus depan. Penekanan dan pengembangan kegiatan ini mengarah pada program peserta didik, tenaga pendidik, serta sarana dan prasarana pendidikan,” kata Wakil Ketua Binawasa Pusat Pendidikan dan Latihan Kwarcab Kota Yogyakarta Prayogo Ontowiryo kemarin.

Prayogo mengatakan, pendidikan karakter bagi anakanak sangatlah penting. Sebagai calon guru, para mahasiswa PGMI dipastikan akan berhadapan dengan anak-anak. Apalagi pembinaan akhlak harus dimulai sejak anak usia siaga. ”Ibarat membuat rumah, fondasi itu harus kuat dahulu. Begitu juga dengan karakter anak, harus ditanam kuat sejak awal,” kata Prayogo. Sementara itu, Sekretaris Prodi PGMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Drs Nur Hidayat MAg mengatakan, pemuda adalah pemimpin di masa mendatang.

Melalui kegiatan itulah, pihak kampus juga ingin mencetak mahasiswa sebagai pribadi yang berkarakter, berakhlak terpuji, mandiri, semangat bekerja keras, dan disiplin. Koordinator KMD Alfian Huda menjelaskan, kegiatan tersebut diikuti oleh 112 calon pembina dari mahasiswa dan guru yang terdiri atas 23 putra dan 89 putri. Kegiatan berlangsung selama tujuh hari yang mencakup materi pramuka dasar dan berkemah.

ratih keswara