Edisi 20-03-2017
Mahasiswa Dan Pelajar Diimbau Terlibat Menjaga Air


PALEMBANG - Menjaga keber - sih an air agar tidak menjadi air limbah merupakan tugas semua elemen masyarakat, termasuk mahasiswa dan pelajar.

Untuk mensosialisasikan tang - gung jawab bersama itu, program studi S2 dan S3 Lingkungan Pro - gram Pascasarjana Universitas Sriwijaya (Unsri) menggelar se - minar sehari dalam rangka per ingat an Hari Air Sedunia tahun 2017 dengan tema “Air sebagai Pe nentu Hidup dan Kehidupan Da lam Membangun Berkelan - jutan” di Aula Pascasarjana Unsri Bukit, Sabtu (18/3). Dikatakan Ketua Panitia Ke - giatan, Robianto Hendro Sis - wan to, saat ini mayarakat me - rasa jika tanggung jawab meme - lihara air adalah peran peme rin - tah saja.

Namun pada dasarnya hal itu adalah tanggung jawab bersama, baik itu dari kalangan pendidikan seperti mahasiswa dan pelajar. “Komunikasi antara pemerintah dan masyarakat yang terputus seperti inilah yang akan kita hubungkan agar men - jadi satu tujuan, sehingga ma - syarakat sadarjikamemeliharaair merupakan tugas bersama tak terkecuali bagi mahasiswa dan pelajar,” ujarnya di sela kegiatan.

Dijelaskan oleh Ketua Doktor Ilmu Lingkungan Pascasarjana Unsri ini, banyak hal yang bisa dilakukan oleh mahasiswa dan pelajar, di antaranya adalah ikut serta melakukan kegiatan go - tong royong dan tidak mem - buang sampah sembarangan. Tak hanya itu, yang lebih spesifik lagi mahasiswa bisa terlibat se - cara langsung dengan kompe - tensi akademiknya melalui ke - giatan penelitian dan praktik di lapangan.

“Kalau hal seperti ini dilakukan, maka semua akan selesai. Air limbah tidak akan didapatkan lagi,” terangnya. Menurut Robianto, peringat - an Hari Air Sedunia seperti ini su - dah menjadi agenda rutin pi - haknya. Mulai dari kegiatan se mi - nar, penyuluhan, lomba foto dan pidato.“Selamainiperandari ka la - ngan mahasiswa dan pelajar su - dah ada, namun belum gereget. Tentu ini butuh doro ngan dari pihak pemerintah, apa lagi ini se - jalandenganprogramPeme rintah Kota Palembang,” terangnya.

Sementara itu, salah satu ma - hasiswa Jurusan Ilmu Tanah Fa - kultas Pertanian Unsri, Muham - mad Iqbal mengatakan, kegiatan peringatan kebersihan air, su - ngai, atau lingkungan sangatlah perlu, namun juga dibutuhkan kerja sama dan peranan semua pi hak dalam mengatasinya. “Ber - bagai kegiatan ataupun sosialiasi telah dilakukan, namun peranan mahasiswa hanya sebatas ge - rakan sosial saja. Jika ingin hasil yang lebih maksimal, dibutuh - kan partisipasi dari pemerintah,” terangnya.

Terpisah, Wali Kota Palem - bang Harnojoyo dalam pema - paran materi seminarnya men je - laskan, pihaknya selalu meng - ajak masyarakat untuk tidak mem buang sampah sembara - ngan, terutama di sungai agar ke - murnian air bisa terjaga dan mencegah terjadinya kebanjiran. “Kita berharap agar masyarakat Kota Palembang bisa menjaga ekosistem air terutama sungai, agar air yang terdapat di sungai bisa tetap dalam keadaan bersih. Terutama bagi sekolah yang de - kat dengan sungai,” ujarnya.

karerek