Edisi 20-03-2017
OPD Belum Pahami UU Keterbukaan Informasi


PANGKALAN BALAI - Meski Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabu - paten Banyuasin telah ter ben - tuk, namun tugas dan tanggung jawab PPID sebagai pelayan informasi belum sepenuhnya berjalan.

Sebab, masih banyak badan publik (BP) di Kabupaten Banyuasin yang sering menolak untuk melayani pemohon yang memerlukan informasi. Ketua PPID Kabupaten Ba - nyuasin, Erwin Ibrahim meng - akui, memang saat ini masih ada organisasi perangkat da - erah (OPD) di Kabupaten Ba - nyuasin yang belum mema - hami Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Kete r - bukaan Informasi. Padahal, kata Erwin, sudah jelas kalau tugas dan fungsi PPID menye - diakan informasi kepada ma - syarakat.

"Dalam aturan keterbukaan informasi, setiap yang me nga - jukan permohonan untuk sebuah informasi, itu wajib dijawab. Apa bila tidak dilayani oleh badan publik, maka akan dikenakan pidana satu tahun penjara dan denda Rp5 juta," kata Erwin Ibrahim, pada acara Rakor PPID Banyuasin, bebe - rapa waktu lalu.

Dia menjelaskan, dalam mem berikan pelayanan infor - masi tersebut, bisa dilakukan oleh PPID dengan berbagai media, seperti website, media massa, dan lembaga swadaya masyarakat (LSM). "Tapi data pemohonnya juga harus jelas, kalau sifatnya pribadi, syaratnya cukup me - lam pir kan KTP. Kalau pemo - honnya dari lembaga, harus terdaftar di Kemenkumham dan Kesbangpol," ujar dia.

Dengan telah terbentuknya PPID di setiap OPD ini, Erwin meminta agar semua OPD wajib memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat. Dia juga menjelaskan, kewa - jiban PPID adalah menyam - paikan informasi publik secara berkala.

Ada beberapa macam in - formasi publik, yaitu in formasi publik yang wajib diumumkan secara serta-merta, informasi publik yang wajib tersedia se - tiap saat, dan informasi publik yang wajib diberikan atas dasar permin taan dan sesuai dengan UU. Sekda Banyuasin, H Fir - mansyah menambahkan, un - tuk melakukan evaluasi ter ha - dap kinerja PPID di masingmasing OPD, pihaknya akan meminta laporan secara berkala dari PPID Kabupaten Banyuasin.

cr16