Edisi 27-03-2017
Klub Terbaik Dunia Keenam


BANDUNG – Persib Bandung menempati peringkat keenam klub sepak bola terbaik di dunia versi laman www.thetoptens.com. Persib mengalahkan di klub-klub dunia seperti Arsenal, Juventus, Liverpool, dan AC Milan.

Posisi Persib sendiri hanya dikalahkan klub sekelas Barcelona, Real Madrid, Manchester United, Bayern Munich, dan Chelsea. Situs ini memang rutin melakukan sebuah survei untuk mengetahui segalannya dalam 10 besar, termasuk klub sepak bola terbaik. Dari 155.000 pemilih hingga update terakhir 26 Maret 2017 di situs itu, Persib mendapat 5% suara. Sementara Barcelona (14%), Real Madrid (13%), Manchester United (10%), Bayern Munich (10%), dan Chelsea (7%).

Sedangkan Arsenal, Juventus, Liverpool, dan AC Milan masing-masing4%. Meski di peringkat 6 dalam daftar, Persib punya paling banyak komentar, tercatat sampai 7.467 pada satu sesi. Pada sesi yang lain 5.828 komentar. Banyak yang menyangsikan kebesaran Persib, terutama netizen dari luar negeri. Mereka kebanyakan bilang belum pernah mendengar klub bernama Persib. Mereka heran mengapa klub dari negeri antah berantah bisa masuk list klub sepak bola terbaik di dunia.

“ I watch football almost everyday and I just love football. Then I wonder why didn’t I ever hear about this club called PERSIB!,” kata seorang netizen. Artinya, “Saya nonton sepak bola setiap hari dan sangat suka sepak bola. Lalu saya heran kenapa saya tidak pernah mendengar klub bernama Persib.” Para netizen dari Indonesia, yang sudah barang tentu bobotoh kemudian banyak yang membela dengan komentar-komentarnya. “PERSIB not just a football club, but PERSIB flesh and blood has become a tradition that the West Java & Bandung send down from the grandfather, grandmother, parents and children.

Persib will always be in our hearts no matter what happens we will always support PERSIB,” kata seorang netizen. Artinya, “Persib bukan sekadar klub sepak bola, tapi sudah tadi tradisi yang mendarah daging di Jawa Barat dan Bandung, diturunkan dari kakek, nenek, orang tua, dan anak-anak. Persib akan selalu ada di hati kami, apapun yang terjadi kami akan mendukung Persib.” Fanatisme bobotoh Persib memang tak perlu diragukan.

Pada 2015 di situs yang sama, Persib bahkan pernah menjadi klub sepak bola terbaik dunia berdasarkan pilihan dengan 44% suara. Kala itu Persib mengalahkan Barcelona dan Real Madrid. Peringkat Persib berbanding lurus dengan keberhasilan menjuarai ISL 2014. Pada tahun yang sama, Persib menjadi klub paling populer di Asia Tenggara berdasarkan jumlah likes pengguna internet versi Football Channel Asia. Persib mendapat 6,44 juta likes mengalahkan klub-klub Thailand.

Prestasi ini seperti menjawab keraguan banyak pencita sepak bola, terutama di luar negeri. Saat Persib merekrut eks Chelsea Michael Essien, pemberitaannya sampai ke luar negeri. Banyak judul berita media asing yang mengecilkan Persib. Tim Pangeran Biru disebut sebagai klub yang belum pernah didengar sebelumnya.

rudini