Edisi 27-03-2017
Musisi Bandung Didorong Jadi Peserta BPJS


BANDUNG – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mendorong para musisi, khususnya di Kota Bandung mendaftarkan diri menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan Ketenagakerjaan.

Harapan itu bentuk tindak lanjut dari nota kesepahaman Bekraf dengan BPJS tentang Perlindungan Program BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan bagi para pelaku ekonomi kreatif. Bekraf menggandeng Bandung Music Council (BMC) sebagai fasilitator bagi para musisi untuk mendapatkan pelayanan BPJS.

“Kami dan teman-teman di BMC memelopori kegiatan ini sebagai wujud dukungan kami kepada pelaku ekonomi kreatif subsektor musik terkait sosialisasi pentingnya BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan,” tutur Direktur Akses Perbankan Bekraf Restog K Kusuma dalam acara “BPJS for Musician” di Butterfield Kitchen, Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, kemarin.

Dia berharap, ke depan, akan lebih banyak lagi musisi yang mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga, mereka akan mendapatkan keringanan biaya rumah sakit, baik saat sakit maupun kecelakaan, termasuk menerima jaminan hari tua. “Kami berharap, dengan adanya jaminan kesehatan dan hari tua, kehidupan musisi pun akan lebih sejahtera,” katanya. Ketua BMC Erlan Efendi mengatakan, sudah saatnya musisi mendapatkan jaminan kesehatan dan hari tua.

Menurut dia, kerja sama yang telah dibangun ini juga dapat menjadi pintu masuk bagi musisi untuk meraih kesejahteraan. “Kami fasilitasi mereka untuk mendaftar BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Ini pertama di Indonesia,” katanya. Menurut Erlan, respons dari musisi untuk mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan sangat besar.

Terbukti, tak lama setelah disosialisasikan di media sosial, sedikitnya 109 musisi mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS. Kepala BPJS Kesehatan Kota Bandung Herman Dinata menambahkan, lewat kerja sama ini, berbagai kemudahan akan diperoleh musisi dalam mendapatkan jaminan kesehatan. Selain kemudahan mendaftar, para musisi pun akan dimudahkan dalam membayar iuran.

agung bakti sarasa