Edisi 20-03-2017
Ribuan Pelajar Ikut Seleksi Yasop SMAN 2 Balige


BALIGE – Ribuan pelajar sekolah menengah pertama (SMP) dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti seleksi penerimaan siswa baru di Yayasan Soposurung (Yasop) Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Balige.

Data yang diperoleh dari pengelola Yasop Toba menyebutkan, saat ini tercatat 3.375 orang yang mengikuti seleksi. Dari jumlah peserta itu, 60% berasal dari sekolah di wilayah Sumatera Utara (Sumut) dan selebihnya dari provinsi lain. Kepala Yayasan Soposurung SMAN 2 Balige, Mekar Sinurat mengatakan, pihaknya akan melakukan seleksi secara objektif.

Masing-masing peserta akan mengikuti tahapan demi tahapan yang sudah menjadi ketentuan dalam seleksi penerimaan siswa baru di Yasop SMAN 2 Balige. Karena itu, dia berharap seluruh peserta berkompetisi dengan baik. “Dari 3.375 orang pendaftar, yang berhak masuk di Yayasan Soposurung SMAN 2 Balige hanya 114 orang,” ujarnya di Balige, kemarin. Saat ini yang sedang dilakukan adalah seleksi akademis.

Nanti yang lolos seleksi akademis akan mengikuti psikotes, tes kesehatan, tes kesamaptaan, dan wawancara. Salah seorang wali siswa, P Hasibuan, 45, yang datang dari Kepulauan Riau, Batam, mengatakan, rela tidur bersama anaknya di mobil karena tidak mendapatkan penginapan dan rumah tinggal atau home stay di Balige demi memenuhi cita-cita anaknya masuk di Yasop Balige. “Para alumninya yang sukses menjadi tolak ukur saya menyekolahkan anak saya di sini,” katanya.

baringin lumban gaol