Edisi 20-03-2017
Biaya Mandiri Jadi Alternatif Solusi Sertifikasi


YOGYAKARTA– Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) kini tengah mencari cara untuk mem percepat pelaksanaan sertifikasi dosen yang seharusnya sudah selesai 2015 lalu.

Salah satu alternatif yang rencananya segera dilakukan ialah program sertifikasi dosen mandiri. “Percepatan sertifikasi do - sen memang menjadi salah satu pekerjaan rumah kami saat ini. Untuk itu, kami berencana ba - nyak melakukan cara-cara yang tidak biasa. Salah satunya me la - lui sertifikasi dosen mandiri.

Art inya, biaya proses sertifikasi do sen ditanggung oleh perguruan tinggi dimana dosen itu me ngajar atau oleh individu do - sen itu sendiri,” kata Dirjen Sum ber Daya Iptek Dikti Ke - men ristekdikti Prof dr Ali Ghu - fron Mukti MSc PhD Kepada wartawan seusai mengisi Ra - ker nas Hildiktipari di Yog ya - karta, kemarin. Ghufron mengungkapkan, saat ini masih ada sekitar 132.000 dosen di Indonesia yang belum tersertifikasi dari total 265.000 dosen yang ada.

Biaya pelaksanaan sertifikasi selama ini ditanggung oleh ne - gara dengan kuota tiap tahunnya hanya untuk 10.000 dosen. “Kalau hanya mengandal - kan APBN tentu akan sangat la - ma baru semua dosen tersertifikasi. Padahal, sertifikasi itu menjadi indikator kualitas dan keprofesionalan dosen. Kalau belum bersertifikat tentu mereka akan diragukan kualitasnya. Karena itu dengan biaya ma n - diri proses sertifikasi dosen ti - dak bergantung alokasi ang gar - an,” jelas Ghufron.

Ketua Him punan Lembaga Pendidikan Tinggi Pariwisata Indonesia (Hildiktipari) Suhen - dro yono mengatakan, sinergi antar perguruan tinggi me mang menjadi hal yang mutlak un tuk berjuang dan maju ber sa ma. Untuk itu, dalam Hildik ti pa ri sendiri se la lu diupayakan ker - jasama untuk mendorong pe - ningkatan kualitas perguruan tinggo, termasuk sumber da ya manusia (SDM) yang dimiliki.

Selain sertifikasi, Ketua Se - ko lah Tinggi Pariwisata Am bar - ruk mo (Stipram) itu pun meng - ungkapkan, Hildiktipari juga se - lalu berupaya membantu perguruan tinggi anggotanya me nga - tasi persoalan akreditasi ins - titusi yang salah satunya men - syaratkan kompetensi SDM dosen. Di antaranya me nye - leng garakan pelatihan atau workshop pembuatan karya il - mi ah dan lainnya secara berkala.

ratih keswara