Edisi 21-04-2017
Pilih yang Sesuai Pakem


KEBAYA adalah busana tradisional perempuan Indonesia. Seperti dikatakan desainer Amy Atmanto, tidak ada perempuan yang tidak terlihat cantik dan anggun saat mengenakan kebaya.

Dalam perkembangannya, sekarang kebaya lebih aplikatif untuk digunakan dalam berbagai acara. Kalau dulu masyarakat modern hanya mengenakan kebaya saat ajang pawai pada Hari Kartini, kini kebaya modern sudah sering dipakai untuk menghadiri acara formal dan undangan pernikahan. Sebenarnya kebaya tidak hanya mampu menampilkan sisi anggun perempuan Indonesia. Kebaya juga memiliki nilai filosofi yang tinggi. Kebaya mencerminkan feminitas dan kekuatan perempuan.

“Bagi saya seorang desainer, bagaimana menghadirkan busana tradisional ini dengan gaya yang up to date dan modern, seperti kebaya tangan pendek yang bisa dipadukan dengan rok pendek, perpaduan songket dengan cape , kebaya simpel, sampai kebaya gaun yang disukai anak muda dan ibu-ibu. Jadi, dalam merancang kebaya, saya lebih wearable, yang memang bisa masuk ke berbagai kalangan. Saya sangat memikirkan bagaimana akar budaya bangsa ini dapat aplikatif yang bisa masuk di berbagai event resmi maupun tidak terlalu resmi,” ungkap Amy.

Walau sudah ada beragam bentuk kebaya modern yang bisa disesuaikan dengan acara, masih banyak wanita yang bingung memilih dan memakai kebaya yang pas. Nah , supaya tidak lagi kesulitan menemukan kebaya yang pas, Anda bisa memulainya dengan memperhatikan bentuk tubuh terlebih dahulu. “Bila mengenakan busana, pilihlah yang nyaman saat dikenakan dan pakailah busana tersebut untuk menutupi kekurangan,” kata Amy. Untuk memudahkan dalam menentukan kebaya yang pas dengan bentuk tubuh, Amy membagikan beberapa tips agar Anda bisa memilih kebaya yang sesuai dengan bentuk tubuh.

Bentuk tubuh yang seperti buah pir, ada baiknya menyesuaikan kebaya dengan bentuk pinggang. Bila bentuk pinggang besar, jangan pakai yang bergaris-garis di bagian samping dan pilihlah warna yang berkilau. Untuk menggambarkan pinggang yang kecil, sebaiknya aplikasikan di pinggul dan efek yang memperbesar pinggul menggunakan warna-warna mengkilap. Untuk tubuh yang menyerupai buah apel atau bentuk tubuh bulat, bisa menyiasatinya dengan menggunakan korset pada bagian payudara dan perut untuk memperlihatkan bentuk pinggang.

“Bentuk tubuh yang seperti ini disarankan tidak memakai bastil, tetapi korset khusus. Pilih kebaya yang memiliki siluet runcing pada bagian leher dan tangan supaya menunjang kesan jenjang,” ucap Amy. Bagi Anda yang bertubuh ideal, bisa memilih kebaya berbentuk shadow shaping seperti kebaya panjang. Bisa juga diberikan aplikasi pada leher, lengan, dan bagian bawah kebaya untuk aksen yang lebih hidup. “Bentuk tubuh yang ideal bisa mengaplikasikan kebaya berwarna apa saja dan segala model atau bentuk kebaya dengan beragam potongan,” tandas Amy.

Untuk Anda yang memiliki bentuk badan rata, sebaiknya pilih kebaya berpotongan crap draping, yaitu garis V di bagian pinggang. Aksen tersebut memberikan siluet langsing karena tubuh yang kurus.

Aprilia s andyna