Edisi 20-03-2017
Unsri Butuh Laboratorium Riset


PALEMBANG - Berbagai per - baik an terus dilakukan Uni ver - sitas Sriwijaya (Unsri), sa lah sa - tunya mengembangkan labora - to rium riset.

Rektor Unsri Anis Saggaff me ngatakan, saat ini Unsri su - dah memiliki 120 laborato rium pendidikan yang tersebar di pro - gram studi (prodi), fakultas dan universitas, baik di kam pus Unsri Bukit Besar ataupun di kampus Indralaya. “Kalau la boratorium pendidikan seba gi an besar dananya sudah ter pe nuhi. Namun, untuk labora to rium riset belum bisa terpe nuhi karena dana yang dibutuhkan cukup besar,” ujarnya. Dijelaskan Anis, pengem ba - ngan laboratorium riset ter sebut jika dihitung-hitung mem bu - tuhkan dana hingga Rp25 miliar.

Sehingga saat ini pihaknya se - dang mengusul kan kepada pe - me rintah dan mencari dana melalui pihak ketiga atau CSR. “Yang jadi fo kus pro - gram Unsri adalah ma - salah riset. Jadi harus ditun jang dengan la - borato rium yang baik agar dosen bisa le bih mudah melakukan berba gai risetnya,” terangnya. Anis menilai, saat ini pe ngembangan berbasis ri set sa ngat diperlukan, teruta - ma da lam masalah energi dan air.

Apalagi sumber daya manu - sia (SDM) yang dimiliki Unsri pu nya potensi besar untuk me - mak simalkannya dan dibutuh - kan laboratorium yang layak dan lengkap. “Kita sudah memiliki 121 guru besar dan 360 dosen yang berstatus doktor lek - tor kepala. Untuk men do - rong para doktor bersta - tus lek tor kepala ini un tuk mela kukan ri set, maka di - per lukan laborato rium sen diri,” te rangnya.

Sementara itu, pe ngamat pendidikan Muchtaruddin Muhs - iri mengatakan, pengembangan laboratorium riset saat ini sa - ngat lah dibutuhkan oleh dosen, terutama level S2 dan S3. Sebab, tanpa laboratorium yang leng - kap, maka dosen akan kesulitan dalam melakukan riset. “Kalau ingin mengembang - kan laboratorium riset ada be - berapa hal yang perlu diperha - tikan, yakni ge dung, alat, opera - tor, ma najemen dan peng elo - lanya. Jangan sampai bisa mem - bangun tapi tidak bisa merawat,” ucapnya.

karerek