Edisi 20-03-2017
Said Abdullah Bangun Mal Megah


SUMENEP – Anggota DPR dari Fraksi PDIP MH Said Abdullah mendirikan mal megah di Kabupaten Sumenep.

Mal yang diberi nama De Baghraf City (Bagci) kemarin diresmikan Bupati Sumenep A Busyro Karim. Peresmian Mall De Baghraf City ditandai dengan pengguntingan rangkaian melati di pintu masuk mal. Grand Opening De Bagci juga dimeriahkan penyanyi dangdut si ratu ngebor, Inul Daratista. Said Abdullah dan sejumlah pejabat lainnya, seperti Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi, Kapolres Sumenep H. Joseph Ananta Pinora, Ketua DPRD Sumenep H. Herman Dali Kisuma, serta sejumlah tokoh masyarakat turut hadir pada acara itu.

“Kami dari Pemerintah Kabupaten Sumenep sangat berterima kasih kepada Said Abdullah yang sudah bersedia berinvestasi dengan membangun mal ini di Sumenep,” kata Bupati Sumenep A. Busyro Karim dalam sambutannya. Menurut dia, para investor yang akan berinvestasi harus dipermudah. Karena dengan investasi itu akan mampu mendorong kemajuan ekonomi masyarakat.

“Membangun Sumenep hanya dengan mengandalkan APBD tidak akan mampu. Jadi harus ditopang oleh iklim investasi yang sehat serta kemudahan dari pemerintah,” ungkapnya. Dia menjelaskan, pembangunan ekonomi di Sumenep harus ditopang tiga hal. Pertama, pemerintah yang mau bekerja, kedua swasta mau berinvestasi, dan ketiga masyarakat yang mendukung.

Oleh karena itu, Busyro mengucapkan terima kasih kepada Said Abdullah yang mau berinvestasi di Sumenep. “Semoga ini akan dilihat oleh investor- investor lain dan mereka juga mau berinvestasi di Sumenep ini,” katanya. Said mengaku senang melihat antusiasme masyarakat menghadiri Grand Opening Mall De Baghraf City. “Terima kasih kepada seluruh masyarakat Sumenep. Ini kehormatan yang luar biasa bagi saya. Sekali lagi terima kasih,” ungkapnya.

Wakil Ketua Banggar DPR RI ini berharap semua masyarakat bisa menerima usaha yang dia rintis di Sumenep. Dia yakin bila Sumenep semakin maju, maka masyarakat juga akan makin baik secara ekonomi. “Saya ingin maju bersama, sejahtera bersama, dan hidup bersamasama,” ujarnya. Sebelum diresmikan, spanduk Grand Opening Mall De Baghraf City yang beralamat di Jalan Panglima Sudirman 2-2A bermunculan di berbagai tempat di Kota Sampang.

Spanduk pembukaan mal terbesar di Pulau Madura ini di antaranya terpasang di Jalan Diponegoro, Jalan Samsul Arifin, Jalan Trunojoyo, Jalan Wahid Hasyim, dan Jalan Tengku Umar Sampang. Artis dangdut Inul Daratista dikut memeriahkan grand opening mal berlantai 5 tersebut dari gambar yang terpasang pada spanduk. Pada hari yang sama, masyarakat juga berkesempatan mendapatkan hadiah total puluhan juta rupiah, sepeda motor, televisi, dan hadiah menarik lainnya dengan cara mengikuti jalan-jalan sehat (JJS) pada pukul 06.00 WIB.

MH Said Abdullah atau biasa dikenal Said Abdullah lahir di Sumenep, 22 Oktober 1962. Dia merupakan anggota DPR RI dari PDI Perjuangan periode 2004-2014. Kemudian para periode 2014-2019, Said terpilih lagi menjadi wakil masyarakat Madura dari partai yang sama dan bertugas di Komisi XI membidangi keuangan, perencanaan pembangunan, dan perbankan. Said menghabiskan masa kecil hingga remaja di Sumenep. Pendidikan tingkat dasar diselesaikan di Sumenep.

Kemudian melanjutkan jenjang pendidikan SMP juga di Sumenep. Sekolah lanjutan atas pun diselesaikan di kota paling timur di Pulau Garam Madura itu. Sejak remaja pria yang dikenal familier dan akrab dengan siapa pun ini juga aktif berorganisasi. Mulai dari organisasi siswa intra sekolah (OSIS) hingga bergabung dengan partai politik pimpinan Megawati Soekarno Putri melalui Banteng Muda Indonesia.

Said juga menjabat Ketua PP Baitul Muslimin Indonesia dan Bendahara Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jawa Timur. Popularitas Said di kalangan masyarakat Madura, termasuk di tingkat nasional, tidak tercipta begitu saja, tapi melalui proses panjang dan berliku.

Pada masa mudanya, Said sempat menjadi tukang cuci mobil dan pedagang keripik tempe sebelum menjadi wakil rakyat di DPR dari Madura. Seusai pemilu tahun 1987, Said menjadi Staf Ahli Wakil Ketua DPR di bidang polkam. Said juga seorang profesional dan menjadi Manajer Operasi dari PT Sinar Agung Pratama (1993- 1996) dan Manajer Marketing di CV Bangun Arta (1997- 2005).

subairi