Edisi 11-01-2017
Ketum PP Muhammadiyah Besuk KH Hasyim Muzadi


MALANG – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir membesuk mantan Ketua Umum Pengurus Besar (PBNU) Hasyim Muzadi yang sedang dirawat di RS Lavalette Kota Malang kemarin.

Menurut Haedar, kondisi kesehatan Hasyim berangsur membaik. Dia merasa bersyukur diberi kesempatan mengunjungi Hasyim. “Alhamdulillah, kami bisa menjenguk beliau dan kondisi beliau sekarang sudah membaik, kita doakan beliau cepat sembuh,” ujar Haedar. Haedar mengatakan, dirinya bersama seluruh komponen Muhammadiyah membiasakan Sunah Rasul memenuhi hak sesama Muslim, yakni menjenguk saudaranya yang sakit.

“Karena itu, tradisi ini kita berlakukan di internal persyarikatan maupun dengan tokoh-tokoh lain,” katanya. Haedar kemarin didampingi Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jatim Dr M Saad Ibrahim, Wakil Ketua PWM Nadjib Hamid, Rektor Universitas Muhammadiyah (UMM) Fauzan M.Pd, serta Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Malang Dr Mursidi.

“Kami tidak lama berada di dalam ruangan, hanya sekitar 15 menit dan kami saling mendoakan semoga KH Hasyim cepat sembuh. Memang ada beberapa hal menjadikan KH Hasyim risau dengan kondisi Tanah Air akhir-akhir ini,” kata Rektor UMM Fauzan yang mendampingi Haedar Nashir di dalam ruangan RS Lavalette.

Fauzan mengungkapkan, Hasyim yang juga anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) itu meminta Muhammadiyah konsisten memikirkan kepentingan rakyat dan bangsa Indonesia. Hasyim juga berharap Muhammadiyah tetap istiqomah menjalankan roda organisasi dengan semangat yang didorong hati nurani.

Menurut Fauzan, Hasyim risau karena banyak pemimpin menggerakkan yang dipimpin hanya dengan nafsu tanpa menggunakan hati nurani sehingga kondisi masyarakat menjadi kacau. Hasyim Muzadi mulai dirawat di RS Lavalette Kota Malang, Jumat (6/1), karena kelelahan. Sebelumnya, Hasyim Muzadi berkeliling keluar kota memberi pencerahan umat di Jakarta, Yogyakarta, Semarang, dan kembali ke Jakarta serta pulang ke Malang.

ant