Edisi 11-01-2017
Kurangi Volume Truk, Pantura Gresik Diportal


GRESIK – Jalur Pantai Utara (pantura) Gresik-Lamongan, tepatnya Jalan Daendels diportal di dua titik. Selain mengurangi volume kendaraan bertonase besar, hal ini juga dimaksudkan untuk memperlancar proses perbaikan jalan yang rusak.

Dua portal masing-masing dipasang di Desa Sembayat, 50 meter sebelum Jembatan Sembayat dan di Desa Banyutami, Kecamatan Manyar. Di dua titik ini dipasang tiga berdiameter 20 cm besi secara vertikal di tepi dan tengah jalan. Pemasangan portal tersebut secara langsung “menghalau” truk tronton bertonase besar dan bus rombongan peziarah yang biasa melintas.

Jalur bus dari Makam Sunan Drajad, Lamongan, menuju Gresik atau sebaliknya dari makam Maulana Malik Ibrahim dan Sunan Giri menuju Lamongan dialihkan. “Banyak bus peziarah dari Lamongan ataupun dari Gresik menuju Lamongan balik kucing. Karena tidak tahu, jalan Pantura diportal,” ujar Zaki Abdul Wahid, 35, warga Desa Sembayat, kemarin.

Warga mengaku senang dengan pemasangan portal kendati hanya sementara karena merasa lebih nyaman dan aman. “Biasanya saya waswas melintas di antara kendaraankendaraan besar. Kalaupun lewat pinggir, jalannya harus pelan dan hati-hati sekali karena banyak lubang. Semoga portal ini dipasang selamanya,” kata Herman Susilo, 42, warga Sukomulyo, Kecamatan Manyar.

Kabag Administrasi Humas Sekretariat Kabupaten Gresik Suyono menyatakan, portal di dua titik tersebut telah dipasang beberapa hari lalu untuk mendukung perbaikan jalan pantura sepanjang 2,5 kilometer yang ditargetkan tuntas dalam tiga pekan. “Hal ini untuk mendukung kelancaran selama perbaikan, mengingat target waktu yang ditetapkan hanya 20 hari,” kata dia lagi.

Dia mengakui, pemasangan portal cukup efektif membantu kelancaran pekerjaan perbaikan jalan. Terlebih juga diberlakukan buka tutup jalur sepanjang 100 meter. Dengan berkurangnya volume kendaraan, hampir tidak dijumpai kemacetan panjang seperti biasa terjadi. Petugas proyek yang dibantu masyarakat sekitar ikut mengatur pelaksanaan buka tutup tersebut.

ashadi ik