Edisi 20-03-2017
Wawako Mendongeng di Hari Air Sedunia


PALEMBANG– WakilWaliKo - ta (Wawako) Palembang, Fi - trianti Agustinda ber kesem - patan mendongeng di had apan anak-anakpada pe ringatanHari Air Sedunia di Kantor Pe ru - sahaan Air Mi num Adhya Tirta Sriwijaya (ATS) Alang-Alang Lebar(AAL), akhirpekanlalu.

Dengan ekspresi yang me - mikat, dongeng singkat yang ia bawakan membuat anakanak dan undangan yang hadir saat antusias men de - ngar kannya. Ia men ce ri ta - kan kondisi suatu negeri yang dipimpin seorang raja. Raja itu sedih melihat kondisi wila yahnya yang selalu banjir setiap hujan akibat bertum - puknya sampah. Di akhir cerita, dikatakannya bahwa banjirbisasegera teratasibegitu rakyat mau bergerak mem - bersihkan lingkungannya.

Finda mengatakan, dongeng untuk anak-anak soal air seperti ini membutuhkan metode khusus. “Ya, kali ini kegiatan dongeng untuk mengedukasi anak-anak tentang pemanfaatan air”. “Kita ingin mengedukasi anak karena mereka akan meng gantikan kita ke de pan - nya, dongeng ini media yang mudah dicerna anak-anak,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Uta ma ATS Mugiarto menga - ta kan, perayaan Hari Air Se - dunia ini menjadi momen bagi perusahaannya untuk mela kukan promosi ke masyarakat. Mengingat ATS selama ini hanya diberi kewenangan me - nyalurkan air bersih di dua ke - camatan saja, meliputi Ke ca - matan Sukarame dan AAL. Dengan memiliki pipa sepanjang 200 kilometer (km), pihaknya sudah melayani sebanyak 16.400 pelanggan di dua kecamatan tersebut.

Mu - giarto mengatakan, dengan sumber air baku yang sama dengan PDAM yakni Sungai Musi, pihaknya siap mengem - bangkan di titik lain tentunya dengan seizin pemer in - tah. “Saat ini, kita hanya diberi izin untuk menyalurkan air bersih di dua kecamatan saja, upaya untuk memperluas ada, tapi izin belum sampai sana,” katanya. Ditambahkan Mugiarto, pihaknya saat ini sedang menyusun bisnis plan peng em - bangan sampai tahun 2030 ke depan.

Ini dilakukan untuk meng-covermasyarakat Palem - bang khususnya Kecamatan AAL dan Sukarame. “Bisnis plan tersebut mulai dari membangun instalasi baru untuk meng-cover kebu - tu han pelanggan, intake, pe - ngolahan sampai distribusi. Ini akan direncanakan agar tidak ketinggalan antara produksi dan distribusi,” jelas dia. Menurutnya, bisnis plan tersebut seiring dengan terus berkembangnya pelanggan di caku pan wilayahnya.

Teru ta - ma di Kecamatan AAL yang pertumbuhan pelanggannya meningkat 100%. Sebab, kawa - san yang terus berkembang dengan tumbuhnya peru ma han baru ini menyumbang kontribusi menjadipelangganATS. “Meski tidak dimungkiri jika rumah sakit menjadi pe - langgan dengan penggunaan air terbanyak, yakni 5.000 kubik/ bulan, sementara un t uk rumah tangga hanya sebesar 22 kubik/bulan,” tukasnya.

yulia savitri