Edisi 20-03-2017
18 Anggota Polisi Diberi Sanksi


BATU – Sebanyak 18 anggota Polres Batu mendapat sanksi tegas karena melakukan pelanggaran disiplin dan kode etik profesi.

Kasi Propam Polres Batu Iptu Hanis menegaskan, dari 18 anggota, 14 di antaranya melakukan pelanggaran disiplin, sedangkan 4 lainnya melakukan pelanggaran kode etik profesi Polri (KEPP). “Anggota yang melakukan pelanggaran disiplin sudah kami beri sanksi berupa penempatan di ruang khusus selama 14 hari. Ada juga yang 21 hari.

Selama ditempatkan di ruang khusus, mereka tidak boleh pulang,” papar Hanis kemarin. Menurut dia, 4 anggota yang melanggar KEPP karena tidak bertindak cepat merespons laporan masyarakat. Salah satunya kasus percobaan pemerkosaan terhadap seorang siswi SMP beberapa bulan lalu. “Empat orang yang melanggar KEPP sudah direkomendasikan untuk dipindahtugaskan atau dimutasi.

Dua anggota ke Polres Banyuwangi dan dua lainnya Polres Situbondo,” tandas Hanis. Selain menjatuhkan sanksi kepada 18 orang anggota, akhir pekan lalu Kapolres Batu AKBP Leonardus Simarmata juga memberikan penghargaan kepada 26 anggota, PNS, dan masyarakat yang berdedikasi membantu tugas kepolisian.

Penghargaan tersebut salah satunya untuk Eko Santoso, supeltas yang bertugas di Jalan Embong Anyar, Desa Dadaprejo. Menurut Kapolres, penghargaan untuk anggota Polri dan PNS didasarkan pada kinerja. “Anggota kami bekerja di atas rata-rata. Hasilnya, kerjanya sangat maksimal sehingga patut diberi penghargaan. Sertifikat penghargaan sebagai jaminan untuk mempermudah kenaikan pangkat dan eselonnya,” sebut Kapolres.

Dua anggota Polres Batu yang menerima penghargaan dari Kapolres Batu adalah Bripka Van Andy dan Aiptu Imam. Menurutnya Aiptu Imam sebagai anggota polisi dituntut disiplin dan mengutamakan tugas kedinasannya. “Saya tidak pernah mematikan ponsel. Walaupun libur, saya selalu memonitor percakapan di grup WA. Apabila sewaktu-waktu saya diminta datang ke markas, saat itu juga segera datang dan siap melaksanakan tugas dari atasan,” sebut Imam.

Sebelum menjadi anggota Polres Batu, Imam pernah bertugas menjadi anggota Brimob di Jakarta dan Madura. Kemudian pindah ke Polwil Malang, selanjutnya pindah ke Polres Batu. “Kami tidak pernah berpikir mendapatkan penghargaan seperti ini. Semua tugas dan kewajiban sebagai anggota polisi saya kerjakan dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab,” ucapnya.

maman adi saputro