Edisi 29-03-2017
IndoCEISS Tingkatkan Kualitas Pendidik


YOGYAKARTA – Seiring semakin pesatnya teknologi maupun keilmuannya, Indonesian Computer, Electronics and Instrumentation Support Society (IndoCEISS) merasa perlu berbuat lebih.

Salah satu hal yang menjadi komitmen IndoCEISS ialah berupaya meningkatkan kualitas pendidik bidang komputer, elektronika, dan instrumentasi di Indonesia. “Sebagai pelaku, kita wajib turut memajukan bidang komputer, elektronika, dan instrumentasi. Untuk itu, IndoCEISS telah melakukan kegiatan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) pendidik. Dengan kualitas pendidik yang baik, tentu kita bisa menghasilkan lulusan bidang komputer, elektronika, dan instrumentasi yang baik pula,” kata Ketua Umum IndoCEISS, Prof Sri Hartati MSc PhD, dalam Musyawarah Nasional IndoCEISS yang dilangsungkan di Universitas AMIKOM Yogyakarta, kemarin. Sri Hartati mengatakan, beberapa kegiatan pun telah dilakukan IndoCEISS untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Seperti melalui kegiatan pembimbingan penulisan proposal penelitian, pembimbingan penulisan karya ilmiah, pengelolaan jurnal ilmiah, dan diseminasi karya ilmiah. “Dalam menjalankan kegiatan, kami pun telah bekerja sama dengan paguyuban Cooperation Research Inter University (Coris) yang merupakan perkumpulan beberapa perguruan tinggi swasta. Telah disepakati adanya kerja sama dalam penerbitan jurnal, seminar, dan juga kegiatan-kegiatan penelitian dan Network Research Inter University (Neris) yang merupakan kegiatan penelitian bersama antar Perguruan Tinggi Swasta,” kata Sri Hartati.

Rektor Universitas AMIKOM Yogyakarta, Prof Drs M Suyanto MM mengatakan, sebagai salah satu perguruan tinggi bidang komputer, elektronika, dan instrumentasi, pihaknya mengapresiasi dan mendukung penuh keberadaan IndoCEISS. Suyanto berharap Indo- CEISS bisa memberikan kontribusi dalam perkembangan ilmu dan teknologi, khususnya bidang komputer, elektronika, dan instrumentasi. “Semoga bidang komputer, elektronika, dan instrumentasi di Indonesia semakin berkembang mengikuti perkembangan dunia,” kata Suyanto.

Ratih keswara