Edisi 20-03-2017
BPD DIY Muluskan Mitra Kerja Sambut Proyek NYIA


KULONPROGO – Bank BPD DIY Cabang Wates siap terlibat aktif dalam proyek pembangunan bandara. Mereka menyiapkan kemudahan bagi rekan an/ kontraktor dalam pengajuan kredit.

Salah satunya produk kredit multibangun yang bisa diakses dengan surat perjanjian kerja (SPK) dari setiap tender pekerjaan. “Kami tidak mau ber - pang ku tangan makanya kami un dang mitra bisnis dalam per - t emuan ini,” kata Kepala Bank BPD Cabang Wates Kristina Ha riasih dalam temu mitra PT Bank BPD DIY Cabang Wates di kantornya, Sabtu (18/3).

Dalam pertemuan ini, Bank BPD juga menghadirkan peru - sa haan asuransi yang mena - ngani jaminan dan asuransi kre dit. Termasuk PT Angkasa Pu ra Property, anak perusaha - an PT Angkasa Pura I yang mem bidangi proyek pemba - ngunan. Bank BPD DIY saat ini me - miliki nilai aset Rp9,5 triliun dengan outstanding kredit se tara Rp5,9 triliun.

Sedangkan dana pihak ketiga yang berhasil dihimpun mencapai Rp7,5 tri li un. Khusus di BPD Cabang Wa tes, total asetnya mencapai Rp850 miliar dengan kredit Rp614 miliar dan DPK Rp735 miliar. Sebagai bank milik peme - rintah yang asetnya dimiliki Pemda DIY dan lima kabupa - ten/kota, Bank BPD memiliki pro duk layanan kredit multibangun.

“Kami juga menya lur - kan KUR (Kredit Usaha Rakyat) bagi usaha mikro dan kecil,” imbuh Kristina. Wakil Project Manager PT Angkasa Pura Property (APP) Arif Budiman mengatakan, se - mua proses pembangunan pro - yek ditangani oleh APP sebagai anak perusahaan PT Angkasa Pura I. Saat ini memang belum ada kegiatan pembangunan yang dilaksanakan di lapangan. Prosesnya masih lelang pekerjaan yang dilakukan oleh kantor pusat.

Selama ini pekerjaan bandara banyak ditangani perusahaan nasional dan BUMN. Ta - pi, bukan berarti perusahaan lo kal tidak mendapatkan p e - ker jaan atau tender. Mereka bisa bersinergi dan melakukan ker ja sama dengan BUMN. “Ada beberapa pekerjaan yang bisa dibagi dan melibatkan re - kan an lokal,” jamin dia. Sebagai salah satu BUMN, PT APP harus menjaga komitmen melakukan kerja sama de - ngan perusahaan lokal.

Ban da - ra yang akan dibangun di wi la - yah Kecamatan Temon telah di - de sain sedemikian rupa de - ngan mengedepankan nilai-ni - lai budaya. Ini tidak lepas dari upa ya melestarikan budaya Ja - wa yang banyak mengilhami pro yek bandara baru, New Yog - ya karta International Airport.

Nilai budaya ini akan diwujudkan dalam berbagai ornamen dan hiasan yang akan di - pa sang. Salah satu yang me - non jol akan menggunakan motif batik kawung. Motif yang banyak dipakai dalam batik ini disajikan dalam berbagai bangunan gedung.

kuntadi