Edisi 20-03-2017
Dongkrak Penjualan, MPM Hadirkan Honda CRF250 Rally


SURABAYA - Pasar sepeda motor di Jawa Timur (Jatim) dari semua jenis pada awal tahun ini tercatat turun 4%.

Guna menggairahkan pasar, terutama segmen sport, PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM), selaku diler sepeda motor Honda area Jatim danNusaTenggara Timur(NTT) meluncurkan CRF250 Rally. Sepeda motor off road ini memiliki dimensi panjang 2.210 mm, lebar 900 mm, dan tinggi 1.425 mm. Wheelbase motor ini 1.455 mm dengan ground clearance 270 mm, serta bobot 155 kg. Honda membekali CRF250 Rally dengan tangki bahan bakar 10,1 liter (termasuk 1,6 liter cadangan).

Konsumsi bahan bakar bisa menembus 33,4 km/l (mode WMTC) sehingga disebut mampu menjelajah lebih dari 320 km dengan kondisi tangki penuh. Di Jatim, sepeda motor ini dibanderol sekitar Rp63.344.000. “Saat ini sudah ada inden CRF250 Rally sebanyak 35 unit,” kata Marketing Communication Development Division Head PT MPM, kemarin.

Dia menambahkan, pihaknya menargetkan CRF250 Rally bisa terjual sebanyak 15 unit per bulan. Sebuah angka yang kecil bagi MPM. Kecilnya target penjualan tersebut karena pangsa pasarnya sangat terbatas. Segmen CRF250 Rally hanya bagi penggemar sepeda motor off road. Rentang usia pemilik kendaraan ini juga di atas 30-an tahun dengan kondisi ekonomi yang bisa dibilang mapan.

“Kami sebenarnya kaget ternyata angka inden bisa mencapai 35 unit. Rupanya peminat motor ini cukup tinggi. Setiap kami mengeluarkan produk baru, kami menargetkan penguasaan pasar di atas 50%,” tandasnya. Untuk jantung pacu, CRF250 Rally dibenamkan mesin 250 cc, liquid-cooled, singlecylinder, DOHC yang mampu menyemburkan tenaga maksimum 24,4 Tk pada 8.500 rpm dan torsi 22,6 Nm pada 6.750 rpm.

Di sektor pengereman, bagian depan telah menggunakan sistem pengereman optimal 296 mm floating wave-style disc yang bekerja dengan kaliper dua piston. Dua channel ABS dipasang sebagai model standar dan pilihan pengendara untuk dapat dinonaktifkan kaliper belakangnya.

Presiden Direktur PT MPM Suwito menyatakan, kehadiran CRF250 Rally untuk memberi ragam pilihan bagi penggemar merek Honda. Sepeda motor jenis apapun yang diinginkan konsumen, kata dia, ada semua di Honda. Mulai dari matic, bebek, off road, race hingga kendaraan bermesin di atas 500 cc. “Pasar sepeda motor ini (CRF250 Rally) memang sangat kecil, tapi kami ingin mengisi semua segmen pasar.

CRF250 Rally secara khusus membidik komunitas karena kendaraan ini jarang digunakan untuk harian,” katanya. Lebih jauh Suwito mengungkapkan, pihaknya tetap optimistis tahun ini penjualan tetap bisa bertumbuh. Ekonomi diperkirakan makin membaiknya seiring dengan naiknya sejumlah harga komoditas pertanian.

Sejauh ini, lanjut dia, penjualan MPM banyak ditopang dari sektor pertanian. Ketika cuaca sedang tidak baik, maka penjualan juga akan turun. Pasalnya, banyak petani yang gagal panen. “Tahun lalu, penjualan turun karena selain cuaca yang kurang baik juga karena harga bahan bakar minyak (BBM) yang naik,” pungkasnya.

lukman hakim