Edisi 21-04-2017
Taufan Minta Pelayanan Puskesmas Ditingkatkan


ASAHAN – Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang meminta kualitas pelayanan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) lebih ditingkatkan. Upaya kesehatan yang diberikan harus bisa memperhatikan kebutuhan dan kepentingan kesehatan masyarakat.

“Seluruh staf puskesmas harus bisa dekat dan melayani masyarakat dengan baik. Puskesmas harus menjadi ujung tombak dalam mewujudkan kesehatan masyarakat di Kabupaten Asahan ini,” ujar Taufan, saat meresmikan operasional Puskesmas Air Teluk Kiri, di Kecamatan Teluk Dalam, Asahan, Kamis (20/4). Taufan mengatakan, dengan bertambahnya jumlah puskesmas di Asahan diharapkan dapat membantu pemerintah dalam mewujudkan kesehatan masyarakat yang sebaik-baiknya.

Masyarakat yang sehat tentu akan menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas guna menunjang keberhasilan pembangunan, khususnya di Kabupaten Asahan. “Untuk itu saya berharap kepada seluruh perangkat yang bertugas di puskesmas supaya bekerja sungguh-sungguh. Layani masyarakat dengan baik,” tandasnya.

Taufan mengimbau warga agar memanfaatkan fasilitas puskesmas yang telah disediakan Pemkab Asahan. Selain tempat pengobatan penyakit ringan, puskesmas juga dapat dimanfaatkan untuk berkonsultasi bagaimana cara hidup sehat. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan Aries Yidhariansyah mengatakan, Puskesmas Air Teluk Kiri merupakan peningkatan dari puskesmas pembantu (pembantu) menjadi puskesmas induk.

Wilayah kerja Puskesmas Air Teluk Kiri meliputi enam desa dengan jumlah pustu sebanyak enam unit dan Posko Kesehatan Desa (Poskedes) sebanyak empat unit. “Ada 42 tenaga kerja, baik tenaga medis dan administrasi yang siap melayani kesehatan di Kecamatan Teluk Dalam ini,” katanya.

ismanto panjaitan