Edisi 21-04-2017
Warga Dusun Pangguan Nantikan Listrik


TARUTUNG - Warga yang tinggal di Dusun Pangguan, Desa Hutapea, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), menantikan permukiman mereka dialiri listrik sebagai sumber penerangan.

Sebagian warga memilih pindah ke daerah lain karena ketiadaan aliran listrik di kawasan itu. Salah satu warga yang pindah dari dusun tersebut adalah Canhot Hutapea, 33. Ayah satu orang anak itu kini tinggal di kawasan Kota Tarutung untuk memberikan kehidupan lebih layak kepada keluarganya. Sementara sumber penghasilannya sebagai petani masih diperoleh dari lahan yang dikelola di Dusun Pangguan.

“Banyak warga pindah dari Dusun Pangguan, sekitar belasanrumahtangga. Namun, masih ada belasan keluarga lagi yang tinggal di sana. Kalau sudah dialiri listrik, kami pasti memilih tinggal di sana karena tinggal di kota pun kami harus mengontrak rumah,” ungkap Canhot di Tarutung, Kamis (20/4). Pelaksana tugas Kepala Desa (Kades) Hutapea, Mangaranap Hutapea mengatakan, selain kebutuhan jaringan listrik, warga juga membutuhkan akses yang baik.

Hal tersebut sudah disampaikan langsung kepada Bupati Taput Nikson Nababan yang baru-baru ini mengunjungi dusun itu. “Kami memaparkan bahwa hasil bumi di sana sangat diminati pasar. Contohnya durian dipasarkan ke Aceh dan Pekanbaru,” tuturnya.

Bupati Taput Nikson Nababan saat mengunjungi warga mengatakan, Pemkab Taput sudah berupaya memberikan perhatian, di antaranya dengan menyampaikan surat kepada Presiden RI Joko Widodo perihal beberapa daerah di Taput yang belum memperoleh penerangan listrik.

Surat itu juga ditembuskan kepada PT PLN (Persero). Namun, ada aturan main dalam pengadaan jaringan listrik kepada masyarakat yang harus dipenuhi. Pemkab Taput tetap berkomitmen akan memberikan jaringan listrik kepada warga secara merata.

baringin lumban gaol