• Badai Petir

    Jakarta

    Badai Petir
    32 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Badai Petir

    Bandung

    Badai Petir
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Yogyakarta

    Mendung Sebagian
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Mendung Sebagian

    Makassar

    Mendung Sebagian
    35 °C

  • Badai Petir

    Padang

    Badai Petir
    29 °C

Makna Keberagaman

ARJUNA PUTRA ALDINO

Banyak pakar menilai akar masalah konflik di Indonesia ialah kemajemukan masyarakat, atau adanya dominasi budaya masyarakat yang memiliki potensi tinggi dalam kehidupan serta adanya ikatan primordialisme baik secara vertikal dan horizontal.

Semua perbedaan tersebut menimbulkan prasangka atau kontravensi hingga dapat berakhir dengan konflik. Konsep “persatuan” sering kali dipahami secara serampangan, di mana konsep persatuan dipahami dengan “menyeragamkan” menjadi satu, setiap perbedaan dipaksa menjadi sama. Sehingga “persatuan” justru menjadi bom waktu yang berpotensi meledak setiap saat.

Untuk itu, keberagaman harus benar-benar dipahami secara arif dan bijaksana oleh setiap elemen bangsa Indonesia. Keberagaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia telah mengajarkan kita bahwa setiap manusia lahir dan berkembang dengan memiliki ras, bahasa, agama, dan lingkungan budaya yang berbeda- beda serta tidak bisa disamaratakan.

Hal ini menekankan kepada pemahaman kita bahwa setiap kebudayaan memiliki karakteristik yang tidak bisa dinilai berdasarkan tolok ukur kebudayaan lainnya. Harapannya, kita mampu memahami keragaman budaya kelompok masyarakat lainnya tanpa berusaha memberikan penilaian baik atau buruk terhadap nilai budaya kelompok lainnya, sehingga kita bisa bersikap arif dan bijak dalam memahami keberagaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.

Tidak semua budaya dan adat istiadat di dalam suatu kelompok masyarakat mempunyai nilai yang sama. Dalam konteks Indonesia yang mempunyai masyarakat majemuk, di mana pola kehidupan sangat beragam dan plural maka sikap arif dan bijak merupakan salah satu cara terbaik dalam memahami keberagaman yang dimilikiolehbangsaIndonesia. 

ARJUNA PUTRA ALDINO
Mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan 
        

Popular content