• Badai Petir

    Jakarta

    Badai Petir
    32 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Badai Petir

    Bandung

    Badai Petir
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Yogyakarta

    Mendung Sebagian
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Mendung Sebagian

    Makassar

    Mendung Sebagian
    35 °C

  • Badai Petir

    Padang

    Badai Petir
    29 °C

Nikmatnya Nasi Liwet Asep Stroberi di Jalur Nagreg

TIDAK perlu khawatir mudik melalui jalur Nagreg, lalu kelelahan di tengah jalan. Sejumlah rumah makan atau restoran yang menjadi rest areatersedia di sepanjang Cileunyi hingga Nagreg.

Berikut rumah makan atau rest areayang biasa ramai disinggahi pengendara dari arah barat Kota Bandung menuju timur jalur Nagreg yang dapat dijadikan referensi selepas pintu keluar tol Cileunyi hingga jalur Nagreg, Kabupaten Bandung. Kebanyakan rumah makan di pinggir jalan raya Rancaekek hingga Nagreg adalah rumah makan khas Sunda. Hanya ada satu restoran besar, yakni Restoran Simpang Raya, yang menyajikan makanan khas Padang dengan ruang makan dan halaman parkir yang luas.

Jika ingin menikmati sajian makanan khas Sunda, pemudik bisa singgah di Rumah Makan Purbasari, jalan raya Cipacing–Rancaekek Km 20, yang terkenal dengan menu sambal terasi yang mantap dan sajian ayam bakarnya. Kemudian, ada Warung Nasi Ampera di jalan raya Rancaekek Km 23 yang terkenal hingga disebut-sebut Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memiliki menu sambal dan lalapan khas di restoran besar yang buka selama 24 jam ini.

Begitu memasuki jalur Nagreg, pemudik dapat memilih rest areayang lebih seru lagi, namanya Kampoeng Nagreg yang baru dibuka saat musim mudik Lebaran 2012. Posisi rest area-nya di sebelah kanan jalur Nagreg. Di sini pemudik lebih leluasa beristirahat sambil menikmati berbagai sajian yang ada, mulai makanan hingga jajanan. Rest area yang letaknya di depan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji (SPBE) Cicalengka ini juga beroperasi 24 jam.

Pilihan lainnya, Rumah Makan Ponyo di jalan raya Bandung–Nagreg Km 35 dan Rumah Makan Mak Ecot yang menyajikan pepes ikan, sop buntut, serta sop iga. Rekomendasi lainnya untuk pemudik, Rumah Nasi Liwet Khas Sunda milik H Asep Haelusna atau Asep Stroberi di penghujung jalur Nagreg atau jalan raya Andir Kulon–Nagreg. Restoran besar ini kerap jadi tempat persinggahan para petinggi pemerintahan daerah hingga pemerintah pusat.

Banyak menteri dan petinggi TNI/Polri yang beristirahat di rumah makan ini jika tengah bertugas memantau jalur Nagreg. Di Rumah Nasi Liwet Stroberi atau Astro ini bisa menikmati wisata kuliner sekaligus keindahan alam. Kelebihan yang ditawarkan bukan sekadar sajian makanannya yang khas. Lebih dari itu, tempatnya menawarkan pemandangan suasana sejuknya perdesaan dengan aliran sungai dan hamparan sawah yang menyejukkan.

Kebutuhan suasana rileks setelah berjam-jam menempuh perjalanan mudik bisa terpenuhi di Nasi Liwet Asep Stroberi. Bahkan, disediakan empat vila untuk peristirahatan keluarga. Nasi Liwet Astro ini dinikmati dengan sambal, lalap, ayam goreng, atau ikan goreng dan beragam menu lainnya. Sambil menunggu makanan datang atau setelah makan, Anda bisa mencicipi stroberi di sekitar rumah makan dengan memetik sendiri atau dijadikan jus.

Menu yang disediakan Nasi Liwet Astro di antaranya nasi tutug oncom ayam bakar, nasi timbel bebek goreng, nasi liwet paket ayam bakar, nasi goreng seafood, ayam kampung bakakak bakar, dilengkapi bermacam minuman, termasuk bandrek-bajigur. iwa ahmad sugriwa

Popular content