• Badai Petir

    Jakarta

    Badai Petir
    32 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Badai Petir

    Bandung

    Badai Petir
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Yogyakarta

    Mendung Sebagian
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Mendung Sebagian

    Makassar

    Mendung Sebagian
    35 °C

  • Badai Petir

    Padang

    Badai Petir
    29 °C

Pelaksanaan Haji 2013 - Embarkasi Solo Berangkatkan 71 Kloter

SOLO– Embarkasi haji Adi SoemarmoSolotahuniniakanmemberangkatkan 26.205 calon jamaah haji yang terbagi dalam 71 kelompok terbang (kloter), turun dibandingkan tahun lalu yang mencapai 89 kloter.

Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo dalam sambutan yang dibacakan Asisten Kesra Setda Provinsi Jateng Djoko Sutrisno saat pelantikan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 1434 H di Solo mengatakan, calon jamaah haji yang akan berangkat dari embarkasi Adi Soemarmo Solo ini terdiri dari 23.717 jamaah asal Jawa Tengah dan 2.488 jamaah dari Yogyakarta.

Dia menekankan kepada semua pihak, terutama PPIH Embarkasi Solo untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada para calon jemaah haji. Pemberangkatan calon jemaah haji melalui Embarkasi Solo akan dimulai pada 10 September dan berakhir pada 9 Oktober mendatang. Untuk jadwal pemulangan jamaah haji berlangsung mulai 20 Oktober hingga 18 November 2013.

Adapun para calon jamaah haji asal Jawa Tengah tahun 2013 yang gagal berangkat akibat pengurangan kuota, mereka dijamin akan diberangkatkan ke Mekkah tahun depan tanpa dibebani tambahan biaya. Sebaliknya, jika ada pengurangan biaya akan dikembalikan. Menurut Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Jateng Khaeruddin MA, terdapat 5.000 calon jamaah haji yang batal berangkat tahun ini.

Sementara itu, pihak Garuda Indonesia selaku maskapai yang melayani penerbangan haji tahun ini telah menyiapkan empat pesawat jenis Airbus 330 untuk mengangkut jamaah. “Kapasitas 375 kursi (per pesawat). Total ada 71 kloter,” ujar General Manager (GM) Garuda Indonesia Solo Flora Izza. Pihak maskapai diminta menyediakan makanan yang sehat.

Menurut Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Semarang Jawa Tengah Kemenkes Anas Ma'ruf, ada empat faktor yang menjadi latar belakang perlu diperhatikannya menu makanan sehat dan bergizi bagi calon jemaah haji, yakni faktor usia tua di atas 60 tahun, risiko penyakit jantung dan pembuluh darah, kencing manis, serta anemia. siti estuningsih/ ary wahyu wibowo

Popular content