• Badai Petir

    Jakarta

    Badai Petir
    32 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Badai Petir

    Bandung

    Badai Petir
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Yogyakarta

    Mendung Sebagian
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Mendung Sebagian

    Makassar

    Mendung Sebagian
    35 °C

  • Badai Petir

    Padang

    Badai Petir
    29 °C

Paska-Lebaran, Aliran Masuk Capai Rp1,4 T

YOGYAKARTA – Aliran uang yang masuk ke Bank Indonesia Kantor Perwakilan Yogyakarta setelah Lebaran mengalami peningkatan yang cukup tinggi.

Sepekan setelah Lebaran, Bank Indonesia Yogyakarta mencatat telah terjadi aliran masuk hingga Rp1,4 triliun. Sebelum Lebaran lalu, aliran keluar mencapai Rp,2,7 triliun. Asisten Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) DIY Djoko Raharto mengaku sudah menjadi tradisi setelah Lebaran akan banyak uang yang masuk. Namun, tahun ini peningkatannya cukup signifikan dibanding tahun-tahun sebelumnya. “Sebelum Lebaran, penarikan akan tinggi.

Dan paska-Lebaran masyarakat akan kembali menyimpan dananya di bank,” ucapnya. Kondisi ekonomi yang membaik diyakini menjadi salah satu faktor cepatnya kembalinya aliran uang ini. Sampai dengan H-1 Lebaran lalu, uang yang keluar mencapai Rp2,7 triliun. Ini baru sepekan setelah Lebaran sudah masuk hingga Rp1,4 triliun.

Tahun 2011 silam uang yang masuk setelah Lebaran hanya Rp1,2 triliun dan Rp1,6 triliun di 2012. Jumlah ini sebanyak itu untuk aliran masuk dalam kurun waktu satu bulan. Kabid Kas Kantor Perwakilan BI DIY Suyatno menerangkan, setelah Lebaran biasanya akan ada uang kembali masuk ke bank hingga 75% dari uang yang keluar. Hal inilah yang menjadikan transaksi penyetoran mengalami peningkatan.

“Biasanya sampai dengan 14 hari kerja, setoran cukup efektif,” ucapnya. Kondisi yang sama juga akan terjadi di perbankan umum. SetelahLebaran, masyarakat akankembali menabung atau menginvestasikan dana segarnya. Yang mana sebelum Lebaran banyak yang melakukan penarikan. “Daripada disimpan di rumah, menyimpan di bank lebih aman,” ujar Suyatno. kuntadi     

Popular content