• Badai Petir

    Jakarta

    Badai Petir
    32 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Badai Petir

    Bandung

    Badai Petir
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Yogyakarta

    Mendung Sebagian
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Mendung Sebagian

    Makassar

    Mendung Sebagian
    35 °C

  • Badai Petir

    Padang

    Badai Petir
    29 °C

Tunjangan Perangkat Desa Setara UMK

GRESIK - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik berencana menyetarakan tunjangan perangkat desa setara dengan upah minimum kabupaten/ kota. Dengan demikian pa-ra pamong desa bisa menerima setidaknya tunjangan sebesar Rp1.740.000.

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, Senin, mengatakan penyetaraan tunjangan perangkat desa setingkat UMK untuk memotivasi kinerja mereka. Apalagi selama ini tunjangan para perangkat desa rata-rata di bawah UMK. “Kalau sudah naik, honor perangkat desa nantinya setara dengan gaji PNS golongan IIA, dan akan kita berlakukan pada tahun 2014,” kata Sambari pada acara Pengukuhan Pengurus Asosiasi Kepala Desa (AKD) masa bakti 2013-2019 di Gresik, kemarin.

Selain mendapat honor setara PNS golongan IIA, perangkat desa di seluruh wilayah Gresik juga akan mempunyai masa tugas sampai umur 60 tahun. Menanggapi hal itu, Ketua AKD Gresik Kristono menyambut baik rencana kenaikan tunjangan karena honor perangkat desa kini hanya Rp1,1 juta, atau jauh dari standar UMK. Padahal dari sisi beban kerja, para perangkat desa relatif berat karena berhadapan langsung dengan warga.

“Saya menyambut baik rencana pemkab, sebab organisasi kami sendiri tidak mampu memberikan tunjangan tambahan, meski tidak menugaskan pekerjaan yang terlalu berlebihan,” katanya. Dengan penyetaraan tunjangan perangkat desa diharapkan dapat mewujudkan visi dan misi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. ashadi ik/ant 

Popular content