Edisi 23-09-2015
Bergaya dengan Pita Hitam


Pita merupakan salah aksesori rambut yang jarang digunakan oleh hairdresser di peragaan busana karena cenderung memberikan kesan childish .

Namun, aksesori rambut ini ternyata bisa dikreasikan menjadi gaya rambut high end yang cocok digunakan di peragaan busana. Aksesori rambut berupa pita baru-baru ini ditampilkan oleh para model di peragaan busana Mary Katrantzou Spring 2016 . Rambut para model terlihat sangat edgy dengan eksesori rambut berupa pita yang mengikat sebagian rambut para model.

Pita berwarna hitam tersebut juga berfungsi sebagai kalung choker . “Ini bukan ikat kepala, bukan pegangan, dan bukan jepit. Pita ini adalah cara baru untuk menampilkan aksesori rambut. Dan itulah yang saya suka tentang hal itu. Ini berbeda,” sebut hairdresser Paul Hanlon, seperti dilansir Vogue.com.

Hanlon menggunakan pita dari Petersham, Australia. Pita ini merupakan pita tradisional yang sering digunakan di topi orangorang di wilayah itu. Selain itu, ia terinspirasi kalung choker yang sempat tren pada era 90-an. “Para model di peragaan busana Mary Katrantzou selalu berpenampilan alami. Pada musim ini saya ingin membuat mereka terlihat high fashion ,” ujar Hanlon.

Untuk menata rambut para model, Hanlon menggunakan produk-produk dari LOreal Professionnel. Untuk memberikan tekstur rambut yang terlihat alami, Hanlon menggunakan produk Tecni.Art Pli with Tecni.Art Fix Design Spray yang ia kombinasikan dengan penggunaan flat iron .

Setelah itu, Hanlon membubuhkan mythic oil di bagian ujung rambut para model. “Model gaya rambut ini memberikan tren tatanan model rambut pascamusim panas,” ucap Hanlon. Penggunaan pita untuk aksesori rambut ternyata juga sudah digunakan para model di peragaan busana Nina Ricci Spring 2013 lalu.

Meskipun sama-sama menggunakan pita berwarna hitam, hairdresser Guido Palau menata rambut model dengan gaya ponytail rendah yang sederhana, kemudian diikat dengan pita hitam sepanjang 12 inci.

Menurut dia, gaya ponytail rendah yang sederhana sangat cocok dikombinasikan dengan pita hitam karena memberikan efek mewah. “Rambut yang sederhana namun sangat mewah,” kata Palau, seperti dilansir Allure.com.

Untuk memberikan tekstur pada rambut, sekaligus membuat rambut menjadi lebih rapi, Palau menggunakan Blow Pro Textstyle Dry Texture Spray. “Anda ingin menginginkan gaya rambut yang sederhana, seperti Anda bahkan tidak berpikir tentang hal itu,” kata Palau.

dwi nur ratnaningsih