Edisi 05-10-2015
Gotong Royong Bersama Bersihkan Sungai Sikambing


MEDAN - Kecamatan Medan Petisah, Medan Helvetia, dan Medan Sunggal, bersama TNI, Polri serta organisasi kepemudaan (OKP), melaksanakan bakti sosial terpadu gotong royong bersama masyarakat di bantaran Sungai Sikambing, Jalan Gatot Subroto, Sabtu (3/10).

Kegiatan ini bertujuan mengantisipasi banjir yang kerap melanda kawasan itu, sekaligus dalam rangka menyambut HUT TNI ke-70 yang jatuh pada hari ini (Senin, 5/10).

Guna mempermudah pengerjaan pengerukan, diturunkan dua alat berat milik Dinas Bina Marga Medan. Dalam kegiatan gotong royong tersebut turut dihadiri Dandim 0201/BS, Kolonel Inf Maulana Ridwan; Danramil 01 Medan Barat, Kapten Inf AM Marpaung; dan Danramil 06/Medan Sunggal. Kapten Czi TM Panjaitan. Camat Medan Petisah, Rakhmat Adi Syahputra Harahap, mengatakan, gotong royong sudah aktif dilakukan minimal sekali sepekan.

Seiring banyaknya keluhan warga tentang kawasan perbatasan Medan Petisah dengan Medan Sunggal dan Medan Helvetia yang sering mengalami kebanjiran, pihaknya berinisiatif melakukan gotong royong massal dengan mengajak pihak TNI, Polisi, OKP, danwarga. “Alhamdulillah pelaksanaan gotong royong yang dihadiri ratusan orang ini berjalan lancar,” ujarnya.

Rakhmat berharap gotong royong dan normalisasi Sungai Sikambing ditindaklanjuti Balai Wilayah Sungai. Sebab, jika tidak, dikhawatirkan kawasan tersebut tetap menjadi langganan banjir. Selain itu, warga juga diimbau tidak membuang sampah sembarangan, apalagi ke aliran sungai. Sementara Dandim 0201/- BS, Kolonel Inf Maulana Ridwan, mengatakan, keterlibatan TNI dalam gotong royong sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Selain itu, kegiatan gotong royong tentu menjadi salah satu rangkaian acara dalam menyambut HUT TNI ke-70.

Menurut dia, kegiatan bersih-bersih lingkungan menjadi suatu upaya pihaknya bersama forum pimpinan kecamatan dalam menjaga kebersihan lingkungan. “Kami tentu sangat mendukung kegiatan ini, dan saya selalu perintahkan anggota ikut serta dalam gotong royong di kecamatan. Sebab, itu penting dalam upaya kita agar terhindar dari gangguan yang disebabkan lingkungan kotor,” katanya.

Irwan siregar

Berita Lainnya...