Edisi 05-10-2015
Hari Ini Plt Gubsu Lantik Pj Wali Kota Medan


MEDAN - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi dijadwalkan melantik Penjabat (Pj) Wali Kota Medan hari ini, Senin (5/10) pukul 14.00 WIB di Aula Martabe Kantor Gubsu.

Pejabat yang disebut-sebut akan dilantik sebagai Pj Wali Kota Medan adalah Randiman Tarigan. Sumber di Biro Kerja sama dan Otonomi Daerah Pemprov Sumatera Utara membenarkan pelantikan tunggal Pj Wali Kota Medan dilakukan besok, Senin (5/10) pukul 14.00 WIB, di Aula Matabe Kantor Gubernur Sumut.

“Randiman Tarigan besok dilantik pukul 14.00 WIB di Aula Martabe sebagai Pj Wali Kota Medan,” kata sumber yang meminta namanya tidak dipublikasikan, Minggu (4/10). Kepala Biro Kerjasama dan Otonomi Daerah Pemprov Sumatera Utara Jimmy Pasaribu enggan menyebut nama Pj Wali Kota Medan terpilih yang akan dilantik Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi. “Yang pasti pelantikan untuk Pj Wali Kota Medan digelar besok (Senin) jam 2 siang di Aula Martabe Kantor Gubernur Sumut. SK Mendagri untuk Pj Wali Kota Medan ini sudah turun sejak Jumat sore lalu dan sudah kita sampaikan ke Plt gubernur,” kata Jimmy.

Sementara yang lima Pj kepala daerah, yakni Sibolga, Pematangsiantar, TobaSamosir, Humbang Hasundutan, dan Samosir, sampai sekarang belum turun dari Mendagri. “Jadi besok, pelantikan hanya tunggal untuk Pj Wali Kota Medan,” katanya. Disinggung apakah nama Randiman Tarigan yang tertulis sebagai Pj Wali Kota Medan dalam SK Mendagri tersebut, Jimmy mempersilakan ditanyakan langsung ke Plt Gubernur Sumut. “Itu kan suratnya disegel, cuma pimpinan yang bisa buka. Silakan langsungkebeliau(PltGubernur) saja ya. Tapi sekarang kami sedang menyiapkan segala sesuatu untuk keperluan pelantikan besok,” ucapnya.

Penasihat Fraksi Golkar DPRD Medan, Sabar Syamsurya Sitepu mengungkapkan, siapa pun yang dipercaya menjadi Pj Wali Kota Medan hendaknya berasal dari sosok kompeten dan benar-benar memahami kondisi di Kota Medan. “Sudah seharusnya Pj Wali Kota Medan itu berasal dari orang yang benar-benarmemahamipersoalandiKota Medan, siapa pun itu orangnya,” katanya.

Menghadapi Pilkada Kota Medan yang sudah di depan mata, Sabar Syamsurya Sitepu meminta Pj wali kota mengedepankan sikap netral.

Fakhrur rozi/ dicky irawan


Berita Lainnya...