Edisi 05-10-2015
Mata Dunia ”Hijau” Lihat Pasar Indonesia


SURABAYA – Pendiri sekaligus bos Bukalapak.com, Achmad Zaky, rajin berbagi tips sukses berbisnis dalam jaringan (online) dan bercerita bagaimana awalnya terjun ke dunia wirausaha berbasis teknologi sebagai bentuk kepedulian terhadap pengusaha muda.

”Ke depannya, sangat dibutuhkan generasi muda kreatif jika ingin menjadi seorang yang sukses,” ujarnya, kemarin. Sejumlah forum yang mempertemukannya dengan para pengusaha muda maupun mahasiswa, adalah kegiatan ”ITSSelasarIdeasMeetup” diGedung Pascasarjana ITS, Sabtu (3/10). Menurut dia, jika dulunya dikenal istilah untuk bisa menjadi konglomerat harus dekat dengan pemerintah, kini harus diubah dengan cara berkreasi memanfaatkan teknologi bisnis.

”Sebab, hal itu akan ditangkap investor, termasuk dari luar negeri yang sekarang matanya ”hijau” melihat pasar Indonesia. Lagi pula, kita tidak boleh hanya menjadi pasar saja,” ucapnya. Dia menyampaikan, kunci menjadi sukses yakni tidak gampang menyerah dan takut gagal, seperti yang dilakukannya saat mendirikan Bukalapak. compada 2010, dengan melalui perjuangan berat. ”Saya dulu gagal dalam berbisnis, seperti membuka warung mi. Tapi kita tak boleh putus asa, karena kegagalan itu merupakan pengalaman untuk bisa meraih sukses yang tertunda,” katanya.

Dia juga berharap generasi muda semakin bersemangat dan tidak mudah menyerah jika menghadapi kenyataan terburuk saat memulai usahanya.

Mamik wijayanti/ant

Berita Lainnya...