Edisi 05-10-2015
Mantan Rektor Undip, Jadi Wakil Ketua DRN


SEMARANG – Mantan Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Sudharto P Hadi terpilih menjadi Wakil Ketua Dewan Riset Nasional (DRN).

Sudharto mendampingi Bambang Setiadi dari Masyarakat Akunting SDA dan Lingkungan sebagai Ketua DRN untuk periode 2015-2018. Pemilihan pimpinan DRN dilakukan setelah pengukuhan keanggotaan DRN baru-baru ini di Jakarta. “Masuknya Prof Sudharto yang memiliki latar belakang Ilmu sosial dalam jajaran pimpinan DRN, diharapkan membantu memberikan penguatan aspek sosial humaniora dalam kebijakan riset dan pengembangan iptek di Indonesia,” ujar Kepala Humas Undip Nuswantoro Dwiwarno, kemarin.

Dia menyebutkan, DRN memiliki tugas merumuskan dan mengevaluasi pelaksanaan pada agenda riset nasional. DRN juga bertugas memberikan pertimbangan pada perumusan arah dan prioritas iptek. Selain itu juga memberi pertimbangan pada penyusunan dan pelaksanaan kebijakan strategis nasional iptek, sistem inovasi nasional dan kebijakan strategi iptek lainnya, melaksanakan pemantauan perkembangan iptek, serta kebutuhan iptek untuk pembangunan nasional.

“Pada pelaksanaannya DRN juga menjalin hubungan kemitraan dengan Dewan Riset Daerah (DRD) dan dewan-dewan sejenis di tingkat nasional maupun internasional,” bebernya. Nuswantoro menambahkan, DRN memiliki anggota sebanyak 64 orang yang berasal dari kalangan perguruan tinggi, lembaga riset kementerian dan swasta serta organisasi profesi.

Anggota tersebut dikelompokkan menjadi delapan komisi teknis yang meliputi Komisi Teknis Pangan dan Pertanian, Energi, Transportasi, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Pertahanan dan Keamanan, Kesehatan dan Obat, Material Maju dan Sosial Humaniora.

Susilo himawan

Berita Lainnya...