Edisi 05-10-2015
Pelaku Wisata Minta Penataan Pantai


KULONPROGO – Pelaku wisata yang ada di Pantai Glagah berharap ada kebijakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo dalam menata pariwisata yang ada di Pantai Glagah.

Sebagian kawasan wisata ini, nantinya akan masuk dalam lokasi bandara. Sehingga banyak yang juga terancam kehilangan mata pencaharian. Ketua Pokdarwis Pantai Glagah Sumantaya mengatakan, permasalahan ini sudah pernah disampaikan dengan pemkab dan PT Angkasa Pura dalam beberapa kali sosialisasi. Kawasan bandara akan menggusur lahan yang ada di sisi barat. Yang tersisa hanya di sisi timur, itu pun tidak semuanya. Bahkan kawasan laguna juga ada yang akan ikut tergusur.

“Kami ingin lahan yang tersisa nanti dioptimalkan dan kami diberikan akses ke sana,” kata Sumantaya. Bandara, kata dia, pasti akan diikuti dengan kehadiran investor. Tidak tertutup kemungkinan kawasan yang ada pun akan dilirik. Sehingga butuh adanya sinergi antara investor dengan pelaku usaha yang ada di sana saat ini. “Kami ini harus difasilitasi agar tetap eksis,” ujarnya.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Pemuda Olahraga (Disbudparpora) Kulonprogo Krissutanta menyatakan, pihaknya akan menyusun Rencana Detil Tata Ruang (RDTR) obyek wisata Glagah tersebut. Dari situlah nanti akan diketahui lahan mana saja yang kena, dan yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan wisata. “Setelah ada RDTR baru bisa diketahui kondisinya seperti apa,” tandasnya.

Kuntadi

Berita Lainnya...