Edisi 05-10-2015
Tak Peduli Akun Palsu


Berprofesi sebagai model profesional membuat nama Malika Athalie menjadi tenar. Selain pose tubuhnya rutin menghiasi media hingga iklan suatu produk komersial, aktivitasnya di media sosial juga menarik perhatian netizen.

Akibatnya, merebak akun-akun palsu yang mengatasnamakan dara kelahiran Makassar, 21 tahun silam tersebut. Kepopuleran Malika di dunia maya memang patut diacungi jempol. Salah satu contohnya di akun Instagram,dia memiliki followertak kurang dari 3.000 orang. Belum di akun Facebook, Twitter, dan Path.

Malika pun mengakui terdapat oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang dengan sengaja membuat akun palsu dirinya. Mulai dari nama hingga foto-foto yang di-posting adalah asli dirinya, tapi akun dikelola orang lain. “Aku sering sharefoto ke media sosial, kemungkinan akun-akun palsu itu hanya copy paste. Mereka juga berinteraksi seolah-olah aku yang kelola akunnya, padahal itu palsu,” kata Malika. Meskipun kerap risih, dia memakluminya.

Mengingat itu adalah konsekuensi dirinya eksisdi media sosial dan memiliki ribuan follower. “Aku suka kesal dengan banyaknya akun fakeitu, takut kalau itu sampai dijadikan untuk yang tidak baik,” ujarnya. Namun dia tidak ambil pusing. Sebab, yang penting dia aktif berinteraksi dengan followermemakai akun aslinya.

“Mereka kanhanya peniru, jika kita cukup eksissebagai yang asli, tentu teman-teman juga bisa membedakan mana asli dan yang palsu,” tandasnya.

Ristu Hanafi

Berita Lainnya...