Edisi 05-10-2015
Kedatangan Kloter I Diprediksi Molor


PALEMBANG- Kedatangan jamaah haji Kloter I hari ini diprediksi molor sekitar 2 jam dari jadwal 16.30 WIB. Petugas, masyarakat dan terutama keluarga berharap asap sore ini menipis, sehingga tidak mengganggu proses kepulangan jamaah.

“Kita berharap pada saat itu kabut asap Kota Palembang sudah me - ni pis sehingga tak ada kendala yang berarti saat berlangsungnya pemulangan jamaah haji (sore ini) nanti,” kata Ketua Panitia Pe - nyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Palembang Hambali kepada KORAN SINDO PALEM - BANG, kemarin. Untuk diketahui, Kloter I mem bawa 447 jamaah asal Palembang, Musi Banyuasin dan Prabumulih. “Diprediksi tiba pukul 16.30 WIB besok (hari ini). Tapi kita menda patkan la - poran, jika traffic lalu lintas pe - nerbangan di Bandara Arab Sau - di sangat padat.”

“Jamaah kita baru tiba di Bandara SMB II menggunakan Saudi Arabia Airlines pada pu - kul 18.30 WIB,” ujar Humas Kan wil Kemenag Sumsel Sae - fuddin menambahkan. Saefuddin menyatakan, un - tuk hal lain menyangkut pro ses kepulangan sudah hampir se pe - nuhnya rampung. “Mereka sam pai di Palembang pada sore hari. Lalu kembali ke asrama. Jamaah dipersilahkan jika ingin langsung pulang bersama ke - luarga, namun juga bisa meng - inap di asrama haji sambil me - nunggu keluarga yang menjem - putnya,” jelasnya.

Panitia menyiapkan dan menyediakan kamar-kamar di asrama haji untuk jamaah haji yang ingin tinggal. Menurut - nya, urutan pemulangan jama - ah tetap disesuaikan dengan jadwal pemberangkatan seba - nyak 14 kloter, yang masingmasing kloter sebagian berisi 450 orang termasuk petugas. Mengenai keluarga yang menjemput, pihaknya berharap dijemput melalui KBIH tempat jamaah masing-masing men - daf tar.

Demi kenyamanan ke - luar ga, PPIH Palembang meng - imbau supaya tak terlalu banyak membawa anggota keluarga saat menjemput. “Boleh men - jem put ke asrama haji namun perwakilan saja, tapi lebih baik cukup menunggu di rumah sa - ja,” katanya. Kembali Ketua PPIH Debar - ka si Palembang Hambali me - nam bahkan, untuk Kloter 1 ada dua jamaah yang meninggal di tanah suci dan sudah dimakam - kan. Sedangkan barang-barang yang dibawa jamaah akan diba - wa oleh keluarga atau dibawa pu lang oleh petugas kloter ma - sing-masing untuk diserahkan ke keluarganya.

Hambali men - je laskan, setelah jamaah tiba di asrama haji Palembang, mereka akan diturunkan di depan aula dan melalui alat pemindai suhu tubuh masal (thermo scanner). “Melalui alat itu dapat dideteksi jamaah yang memiliki suhu tubuh di atas 38.5 derajat cel - cius, yang merupakan salah satu kriteria awal penentuan suspect penyakit yang kita waspadai,” katanya.

Menurutnya, jika pemerik - sa an suhu tubuh dijumpai selu - ruh jamaah dalam kondisi nor - mal/sehat, maka petugas kese - ha tan segera membagikan K3 - JH (Kartu Kewaspadaan Kese - hatan Jemaah Haji) yang harus disimpan oleh jamaah selama 14 hari pasca-kepulangan di ta - nah air serta memberikan sosia - lisasi kesehatan.

“Selama 14 hari pasca-kepulangan dihim - bau agar selalu menggunakan masker dan istirahat sebanyakbanyaknya. Hindari kontak langsung dengan keluarga tanpa menggunakan masker,” katanya.

Andhiko tungga alam

Berita Lainnya...