Edisi 05-10-2015
1.689 Warga OKI Terjangkit Diare


KAYUAGUNG– Selain terserang infeksi saluran pernafasan akut (ISPA), selama musim kemarau ribuan warga Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) juga terjangkit diare.

Hal ini karena warga terutama di kawasan bantaran sungai kesulitan menda - pat kan air bersih. Diaremulaimenyerangwar ga selama sebulan terakhir, ter uta - ma anak-anak yang tinggal di bantaran sungai, karena meng - konsumsi air sungai yang keruh.

“Selama musim kemarau ini debit air sungai turun sehingga tingkat pencemaran air sungai itu sangat tinggi. Me mang setiap bulan terjadi pe ningkatan jum - lah pasien diare yang berobat ke Puskesmas dan RSUD Kayu - agung,” ujar Kepala Dinas Kese - hat an OKI M Lubis, kemarin. Menurut Lubis, Berdasar - kan data dari seluruh puskes - mas yang tersebar di Kabupaten OKI, sejak Juni 2015 diare mulai meningkat.

“Juni terdata 1.337 orang, kemudian Juli mening - kat lagi 1.555 orang dan Agustus 1.689 orang, terakhir Septem - ber jumlahnya tidak jauh berbe - da dengan data di bulan agustus lalu,” terang Lubis. Dijelaskan Lubis, penyebab meningkatkan warga yang ter - kena diare akibat musim kema - rau yang berdampak pada ku - rangnya sumber air bersih, apa - lagi warga yang terserang diare kebanyakan tinggal di pinggiran sungai.

“Pasien diare didomi - nasi di Puskesmas Pedamaran, Su gi Waras, Pengarayan, SP Pa - dang, Muara Batun, Keman, Pam pangan, Jejawi, dan Awal Te rusan. Rata-rata Puskesmas ter sebut berada di wilayah ping - gi ran sungai, mereka kebanyak - an memakai air sungai untuk ke - perluan sehari-hari,” sebutnya. SementaraituDirekturRSUD Kayuagung Dedi Sumantri me - ngatakan, pasien diare yang ber - obat ke RSUD mengalami pe - nin gkatan dan kebanyakan anak-anak usia di bawah 15 ta - hun.

“Kita layani pasien dengan maksimal, kita mengimbau ke - pa da orangtuaagarjagake ber sih - an. Untuk kebersihan ling ku - ngan rumah yang tidak terjaga, terutama untuk kebutuhan ma - kanan dan air minum yang ku - rangbersihjugabiasanya menjadi penyebab mudahnya seseorang terjangkit diare,” katanya. Dijelaskannya, diare adalah berak encer atau cair sebanyak 3 kali atau lebih dalam 24 jam.

Penyebabnya seperti minum air tidak dimasak, memakan jajan - an kurang bersih, kemudian ma - kan dengan tangan yang kotor. Termasuk sering menggunakan air kotor untuk keperluan seha - ri-hari dan makanan serta mi - num an yang basi atau menggu - na kan zat pewarna berlebihan.

M rohali



Berita Lainnya...