Edisi 05-10-2015
Empat Begal Dibekuk, Dua Ditembak


BATURAJA- Komplotan begal yang sangat meresahkan warga Kecamatan Peninjauan, Ogan Komering Ulu (OKU) dan sekitarnya berhasil dibekuk anggota Polsek setempat dibantu warga sekitar.

Keempat tersangka begal yakni Sunadi, warga Desa Tan - jung Makmur, Kecamatan Si - nar Peninjauan; Mansyur Ar i - fin, 17, warga Desa Penilikan SP4, Kecamatan Sinar Pe nin - jauan; Sunadi Septia Harianto alias Andre, 25, warga Desa Penilikan Blok F, Kecamatan Peninjauan; dan Imam Fajar, 18, warga Desa Kryamukti, Ke - c amatan Sinar Peninjauan. Para tersangka begal itu ditangkap setelah gagal mel aku kan aksinya merampok Han - doko, 20, warga Blok G, Desa Makartitama, Kecamatan Pe - nin jauan, Kamis (1/10) sekitar pukul 12.30 WIB.

Menurut Handoko di hadapan penyidik Polsek Peninjauan kemarin, kejadian tersebut bermula ke - tika dirinya akan pulang ke rumahnya dengan mengen - darai sepeda motor Yamaha Vixion BG 6456 FL. “Saat melintas di per ke bu nan sawit antara Desa Pe ni likan dan Makartitama, tiba-tiba dua pelaku begal Sunadi dan Mansyur Arifin dengan me ngendarai sepeda motor Honda Revo BG 5839 FQ meng ha dang saya,” terangnya yang mengaku kenal dengan kedua tersangka.

Kemudian, salah satu pel a - ku yakni Sunadi menghampiri korban dan mengeluarkan senpira jenis revolver seraya meminta menyerahkan sepeda motornya. Mendapati hal tersebut, korban langsung tancap gas dan berhasil lolos. Kemudian korban langsung mence ri - ta kan kejadian yang dialaminya kepada keluarganya. “Lalu kami langsung ramairamai datang ke tempat di ma - na adik kami ditodong pelaku. Sampai di lokasi, rupanya dua orang yang hendak membegal adik kami masih ada. Langsung kami kejar dan dapatlah si Man syur. Kalau Sunadi ber ha - sil lari masuk ke dalam hutan,” tutur keluarga korban, Kusno.

Menurut Kusno, dirinya dan warga lain tidak berani mengejar Sunadi karena ter - sangka membawa senpira. Tidak mau berisiko, warga melaporkan hal tersebut ke petugas Polsek Peninjauan. “Lalu polisi datang dan ber sa - ma-sama mengejar Sunadi dan akhirnya dapat,” terangnya. Kapolsek Peninjauan Iptu Syafaruddin, didampingi Kanit Reskrim Bripka D Maryanto yang dikon fir masi menjelaskan, saat di tangkap dari tangan tersangka Sunardi berhasil diamankan sepucuk senpira dengan em pat butir amunisi.

“Setelah dilakukan pe - ngem bangan, di tempat ter pi - sah kita juga berhasil me nang - kap Septia Harianto dan Fajar, yang merupakan target operasi kita. Keduanya terpaksa kita lumpuhkan ka rena melawan petugas,” kata Kapolsek. Dari penangkapan ter se - but, polisi berhasil mengaman - kan barang bukti berupa dua unit sepeda motor yang di gu - nakan pelaku saat operasi, 1 unit senpira, 4 butir peluru, satu buah pisau dan kunci T. Sementara tersangka Su na - di mengaku, sudah sering me - lakukan pencurian dengan ke - kerasan di wilayah Kecama tan Peninjauan dan Sinar Penin - jauan.

“Ada aksi kami yang be r - hasil, tetapi ada juga yang tidak. Untuk motor hasil kejahatan biasanya di jual ke daerah Muara dua, OKU Selatan, berkisar Rp2 juta-2,5 juta per unit,” akunya.

Ibrahim arsyad

Berita Lainnya...