Edisi 05-10-2015
Geledah Rumah Keluarga Preman


MUARAENIM- Polres Muaraenim serius memberantas aksi premanisme. Melibatkan hampir semua fungsi kekuatan, Polres Muaraenim menggeledah beberapa rumah tiga preman bersaudara dan keluarganya.

Ketiganya yakni Herwanto alias To,31, Herwani alias Jeri, 31, dan adiknya mereka Ardonialias Doni,27, yang telah ditetapkan menjadi tersangka dan ditahan baru – baru ini. Ketiganya juga sempat melakukan pengan ca - man terhadap Kabag Ops Polres Muaraenim Kompol Andi Ku - ma ra dan Kasubag Humas Iptu Ar syad, saat penangkapan Ka - mis (1/10) lalu. Dari rumah mereka di ka wa - san Simpang Belimbing Desa Cintah Kasih, Kecamatan Be - limbing, petugas menyita pu lu - han jenis senjata, baik benda tajam maupun benda tumpul berhasil disita.

Selain rumah ketiganya yang sudah dite tap - kansebagaitersangka, polisijuga menyisir dan meng geledah ru - mah orang tua mereka serta sau - dara mereka yang lain. Sasaran utama penggeledahan untuk mencari keberadaan sen jata api (Senjata) api milik mereka. Selama ini dalam melan car - kan aksinya, mereka selalu menggunakan senjata api. Ha - nya saja dalam pengge le da han tersebut tidak ditemukan senpi baik organik maupun rakitan. Namun puluhan jenis senjata berbagai jenis berhasil disita.

Selain itu, dua unit mobil ma - sing-masing jenis Karimun BG 1 EY serta 1 unit Avanza BG 1309 NL serta empat unit sepeda motor diaman kan karena tidak memiliki surat dan diduga hasil kejahatan. Penggeledahan dipimpin Kabag Ops Polres Muaraenim Kompol Andi Kumara di-back up Wakapolres Kompol Ari Mu - jiono. Tidak tanggung-tang - gung, semua fungsi satuan yang ada termasuk personel dari be - berapa Polsek dili bat kan, seper - ti Polsek Gunung Me gang, Pol - sek Rambang dan Polsek Rambang Dangku.

Bahkan satu unit mobil ambulan juga ikut disia - ga kan, untuk mengantisipasi jika memang perlu dilakukan evakuasi. Penggeledahan dilakukan secara serentak di empat lokasi yaitu rumah tersangka Her - wan to, tersangka Jeri, serta ru - mah orang tua mereka Yusman Efendi dan kakak tertua me re - ka Mughni. Dari ke empat ru - mah tersebut berhasil dite mu - kan puluhan jenis senjata tajam tersebut. Kompol Andi Kumara me - ngatakan, ke tiga tersangka dan keluarganya selama ini dikenal sebagai kelompok preman di kawasan Simpang Belimbing yang meresahkan para sopir.

“Makanya kita tidak ingin mengambil risiko, jadi dalam operasi yang kita lakukan se - mua fungsi satuan ditu run kan dan mereka mengambil peran masing-masing,” ujarnya. Kapolres Muaraenim AKBP Nuryanto menyatakan, pascapenangkapan terhadap ketiga preman dan dilakukan peng - geledahan di rumah ketiganya, dirinya dibanjiri ucapan terima kasih khususnya dari para sopir dan masyarakat Simpang Be - limbing.

“Mereka ini ternyata memang sudah meresahkan, baik pengguna jalan maupun masyarakat sekitar. Bayangkan saja, Kabag Ops dan Kasubag Hu mas yang melintas dan me - ngamankan adiknya yang ke da - patansedangmelakukanpe-ma - lakan, sampai diancam dengan pedang dan celurit, padahal mereka menggunakan seragam dinas lengkap,” katanya.

Irhamudin sp

Berita Lainnya...