Edisi 05-10-2015
Transaksi Muba Expo Over Target


SEKAYU – Transaksi keuangan yang terjadi dalam pelaksanaan Muba Expo melebihi target yang ditetapkan oleh Disperindag Muba. Dari target Rp3 miliar yang ditetapkan, realisasi hingga akhir penyelenggaran mencapai Rp3,733 miliar.

“Tahun ini di Muba Expo, kem - bali melebihi target yang diten - tukan. Ini luar biasa dan di luar dug aan karena animo masaya - rakat sangat tinggi,” ujar Ke - pala Disperindag Muba, Ihwan Mus limin, saat dibincangi KORAN SINDO PALEMBANG usai penu tupan Muba Expo 2015, di Ge langgang Remaja, kemarin. Terget tersebut, kata dia da - pat tercapai lantaran jumlah pe - ngunjung selama tujuh hari penyelenggaraan sangat ba - nyak. Yakni rata-rata perhari menca pai 10.000 orang untuk meng un jungi 200 lebih stand baik yang ada di dalam roder maupun di luar.

Di mana stand yang tersedia di Muba Expo tersebut menam - pilkan berbagai potensi daerah, seperti kerajinan tangan, produk herbal, ikan, produk olahan, dan berbagai lainnya yang tak kalah menarik perhatian. Selain itu - pula terdapat lokasi kuliner ma - kanan tradisional. “Banyak yang ditampilkan, sehingga membuat pengunjung sangat antusias untuk datang melihat bahkan ber belanja. Se - tiap hari yang ber kunjung ramai sekali,” kata dia. Lebih lanjut dia mengatakan, Muba Expo menjadi salah satu fasilitas untuk meningkatkan investasi daerah.

Di mana para penanam modal atau investor dapat menyaksikan secara lang - sung potensi yang ada. Ini juga sekaligus menggairahkan para pelaku UMKM. “Ini juga untuk peningkatan investasi, kita sangat senang meskipun tampil sederhana semuanya berjalan baik,” terang dia. Sementara itu, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pem - bangunan Setda Muba, H Su - laiman Zakaria, mengatakan, selain sebagai bentuk perayaan HUT Muba ke-59, Muba Expo juga diselenggarakan untuk melihat sejauh mana pergerakan ekonomi masyarakat Muba.

Dengan begitu mereka bisa mengetahui apa-apa saja yang masih dirasa kurang dan perlu dikembangkan. “Muba Expo dan Festival Ran dik merupakan agenda ta - hunan yang dapat dijadikan se - ba gai media yang efektif untuk menyosialisasikan kebijakan pembangunan Kabupaten Mu - ba, dengan demikian diharapkan dapat tumbuh rasa bangga, rasa kepedulian dan rasa memiliki untuk memajukan Kabupaten Muba,” beber dia.

Atas dasar itulah, kedepan pihaknya akan terus berupaya untuk mengadakan berbagai ke - giatan yang mampu menampil - kan berbagai produk terutama usaha kecil dan menengah (UKM). “Kita berharap kegiatankegiatan semacam in kedepan - nya dapat dilanjutkan dan ditin - gkatkan lagi, baik kuantitas maupun kualitasnya. Karena memiliki manfaat yang luar biasa bagi masyarakat dan pelaku ekonomi secara langsung,” tandas dia.

Amarullah diansyah

Berita Lainnya...